Heboh rendang babi, Gubernur Sumbar: Tak boleh ada masakan Padang non halal, melawan adat itu

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 16:55 WIB
Heboh rendang babi, Gubernur Sumbar: Tak boleh ada masakan Padang non halal! (Sumbarprov.go.id)
Heboh rendang babi, Gubernur Sumbar: Tak boleh ada masakan Padang non halal! (Sumbarprov.go.id)

Hops.ID - Gubernur Sumatera Barat atau Sumbar, Mahyeldi turut mengecam adanya rendang babi yang viral di Jakarta Utara. Meski restoran rendang babi itu sudah tutup sejak lama, namun jangan sampai hal seperti ini terulang.

Dalam protesnya, Gubernur Sumbar itu tegaskan harusnya tak terjadi dong makanan rendang babi, karena itu berlawanan dengan adat dan falsafah Minangkabau yaitu Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Untuk itu, Gubernur Sumbar minta cek itu restoran rendang babi atau restoran makanan Padang non halal. Yuk simak yuk bestie Hopers protes elite pemerintahan Sumbar.

Baca Juga: Mengenal tekanan emosional, berikut gejala yang dirasakan dan faktor pemicunya: Sering terjadi pada wanita

Harus ada sertifikasi masakan Padang

Mahyeldi sudah minta tuh Ikatan Keluarna Minang (IKM) di Jakarta untuk cek restoran rendang babi yang viral itu. Apakah sudah kantongi izin dari Dinas Pariwisata setempat.

"Pada intinya tidak boleh lagi ada masakan Padang yang non halal, kita harus pastikan masakan Padang itu semuanya halal dan dapat dikonsumsi oleh umat muslim. Ke depan harus ada sertifikasi oleh IKM, mana yang asli padang, mana yang bukan. nanti ada stikernya," tegas Gubernur Sumber itu dikutip Hops.ID dari laman Pemprov Sumbar, Sabtu 11 Juni 2022.

Kecaman juga muncul dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar, Suwirpen Suib. Dia tegaskan, Sumbar identik dengan keislaman masyarakatnya. Maka kalau ada restoran Padang ada babi itu merupakan bentuk penghinaan kepada masyarakat Sumbar.

Restoran masakan Padang non Halal yang sedang viral (Twitter @Hilmi28)

Baca Juga: Direktur olahraga Inter Milan pergi ke London untuk bertemu Chelsea, MU, dan Tottenham

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: sumbarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini