Iran dan Venezuela resmi jalani kerjasama menentang Hegemoni Amerika Serikat

- Senin, 13 Juni 2022 | 10:05 WIB
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro menggelar konferensi pers di Teheran, Iran, 11 Juni 2022. Foto: Times of Israel
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro menggelar konferensi pers di Teheran, Iran, 11 Juni 2022. Foto: Times of Israel

Hops.IDIran dan Venezuela resmi menandatangani peta jalan kerjasama 20 tahun. Hal ini dilakukan dalam kunjungan kenegaraan Presiden Nicolas Maduro ke Teheran, Sabtu 11 Juni 2022. Kedua negara ini berjanji untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Dalam konferensi, Iran dan Venezuela saling memuji peningkatan hubungan bilateral ke tingkat strategis. Keduanya bahkan akan meningkatkan hubungan perdagangan selain sektor energi, ilmu pengetahuan dan teknologi, pertanian dan pariwisata.

Peta jalan kerja sama Iran dan Venezuela ini ditandatangani oleh menteri luar negeri kedua negara di hadapan presiden masing-masing.

Baca Juga: Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina: Kami akan pertahankan Palestina dengan berbagai cara!

“Kebijakan luar negeri Republik Islam Iran selalu memiliki hubungan dengan negara-negara merdeka, dan Venezuela menunjukkan bahwa ia memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap ancaman dan sanksi oleh musuh dan imperialisme,” kata Presiden Ebrahim Raisi, dilansir Hops.ID dari laman Al Jazeera, Senin 13 Juni 2022.

Seperti diketahui bahwa Venezuela, sebagaimana Iran, juga menghadapi sanksi AS selama beberapa dekade, tetapi keduanya menganggap hal ini sebagai peluang untuk memajukan negara.

Raisi kemudian menemani Maduro dan delegasinya melakukan pertemuan dengan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Baca Juga: Bias media Barat dalam liputan pembunuhan jurnalis Palestina Shireen Abu Akleh

Khamenei juga memuji hubungan yang lebih erat antara kedua negara dan upaya untuk melawan AS, dan dia mendukung upaya Venezuela dalam memihak Palestina.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengumuman Capres bisa kerek elektabilitas Parpol

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:48 WIB