Operasi Patuh Jaya 2022 dimulai, Polri minta masyarakat tertib berkendara hingga sarankan ini

- Selasa, 14 Juni 2022 | 08:34 WIB
Operasi Patuh Jaya 2022 dimulai, Polri minta masyarakat tertib berkendara dan sarankan ini (Unsplash/Tusik Only)
Operasi Patuh Jaya 2022 dimulai, Polri minta masyarakat tertib berkendara dan sarankan ini (Unsplash/Tusik Only)

Hops.ID - Korlantas Polri telah secara resmi menggelar Operasi Patuh Jaya mulai kemarin, Senin 13 Juni 2022. Operasi Patuh Jaya itu sendiri bakal dilaksanakan selama 14 hari, terhitung kemarin hingga 26 Juni 2022.

Selama Operasi Patuh Jaya 2022 tersebut Polri akan melakukan tindakan preemtif, preventif, dan penegakan hukum dengan dua cara, yakni dengan tilang baik itu tilang elektronik (ETLE) statis dan mobile, serta dengan penindakan teguran.

Hal ini dibeberkan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam pelaksanaan apel. Dirinya mengatakan bahwa Operasi Patuh Jaya 2022 itu akan dibantu oleh kamera tilang atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Baca Juga: Hasil survei Capres 2024 SMRC: Ganjar Pranowo unggul telak meninggalkan Anies Baswedan

“Kita tidak menitikberatkan kepada operasi yang dilaksanakan secara stasioner di jalan maupun mengejar target dengan melakukan penindakan kepada para pelanggar sebanyak-banyaknya, tidak. Kita akan diasistensi pada kegiatan operasi tahun ini dengan menggunakan teknologi ETLE,” kata Firman, dilansir Hops.ID dari laman Pikiran-Rakyat, Selasa 14 Juni 2022.

Lebih lanjut, Firman Shantyabudi menjelaskan bahwa tujuan diadakannya operasi tersebut untuk memberikan perlindungan dan pelayanan, serta membentuk budaya tertib berlalu lintas di masyarakat.

“Kita ingin membangun kepatuhan dari sisi kesadaran masyarakat, bukan hanya karena ada polisi, bukan karena banyak tilang. Kita ingin menjadikan masyarakat itu tumbuh dalam dirinya itu supaya mereka jadi polisi bagi dirinya sendiri,” ujar Firman.

Baca Juga: Ganjar Pranowo beberkan sejumlah alasan orang percaya dukun, salah satunya karena kemiskinan

“Kita (Korlantas) menggelar 350 personel yang kita BKO-kan di tiga polda, Banten, Metro Jaya, dan Jawa Barat. Dan kita perkuat jajaran sebanyak 350 personel dari Korlantas,” katanya lagi.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini