Ancaman baru soal rencana Erdogan serang Suriah, bentrokan militer Turki dan Iran tak terhindarkan

- Rabu, 15 Juni 2022 | 14:59 WIB
Rencana serangan yang akan dilakukan Erdogan ke Suriah  disebut akan sebabkan konfrontasi antara Turki dan Iran. (Dok. Presidency of The Republic of Turkiye)
Rencana serangan yang akan dilakukan Erdogan ke Suriah disebut akan sebabkan konfrontasi antara Turki dan Iran. (Dok. Presidency of The Republic of Turkiye)

Hops.ID – Rencana Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan untuk melakukan serangan ke Suriah Utara dinilai akan mendatangkan ancaman baru.

Pasalnya, seperti kejadian beberapa tahun sebelumnya, serangan semacam ini akan memicu konfrontasi antara pasukan militer Iran dan Turki.

Resiko konfrontasi ini diperingatkan langsung oleh mantan diplomat Iran yang menyebut bahwa bentrokan antara pasukan Turki dan Iran dalam waktu dekat akan mungkin terjadi dan tak terhindarkan.

Mengingat kepentingan kedua negara di wilayah Suriah kembali bersinggungan.

Baca Juga: Ditanya penganut agama Kristen atau bukan, Soimah beri jawaban tak terduga

Ketika berbicara pada surat kabar Iran, Ali Akbar Farazi (mantan duta besar Iran) mengatakan bahwa bentrokan bisa terulang seperti saat pasukan Turki menyerang Iran di Suriah dan sempat menyebabkan kekacauan.

Konfrontasi serupa memang pernah terjadi beberapa kali selama Turki melakukan intervensi militer ke Suriah. Menurut Farazi, bentrokan hanya akan terulang dan tidak lagi dapat dihindari.

“Konfrontasi antara Iran dan Turki sangat mungkin terjadi di Suriah, dan konfrontasi semacam itu akan mengarah pada bentrokan antara Iran dan Turki. Pasukan kedua negara,” ucap Farazi seperti dikutip Hops.ID dari laman Middle East Monitor pada Rabu, 15 Juni 2022.

“Tentara Turki, pada kesempatan sebelumnya menyerang pasukan dan posisi Iran, menyebaban kerugian,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Middle East Monitor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengumuman Capres bisa kerek elektabilitas Parpol

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:48 WIB