AS beri izin Israel bombardir Suriah sejak lama, Rusia sebut tak terima karena hal ini

- Minggu, 19 Juni 2022 | 19:01 WIB
Serangan Israel ke Suriah dapat izin AS, Rusia minta klarifikasi. (Twitter ImageSat International)
Serangan Israel ke Suriah dapat izin AS, Rusia minta klarifikasi. (Twitter ImageSat International)

Hops.ID – Sebelum serangan terbaru Israel ke Damaskus, Suriah, terbongkar bahwa ternyata negara zionis tersebut melakukan koordinasi rahasia dengan Amerika Serikat (AS).

Koordinasi rahasia antara AS Israel ini tak hanya terjadi sekali tetapi ternyata telah berlangsung bertahun-tahun lamanya sejak Israel mulai melakukan serangan ke Suriah. Hal ini yang menyebabkan AS terkesan mendiamkan tindakan Israel di Suriah.

Berbeda dengan Rusia secara gamblang melakukan mekanisme dekonflik bersama Israel soal operasi militer di Suriah, AS tak pernah mengungkapkan koordinasi ini kepada publik.

Baca Juga: Ditetapkan sebagai tersangka atas pencemaran nama baik, Nikita Mirzani: Nggak bisa, nggak sah!

Baru kemudian pada Kamis lalu, sebuah laporan yang dipublikasikan oleh The Wall Street Journal, mengungkapkan bahwa serangan Israel beberapa tahun kebelakang disebut-sebut telah lebih dahulu disetujui oleh pejabat senior di Komando pusat AS (CENTCOM) dan Pentagon.

Koordinasi rahasia ini dinilai dilakukan AS demi mencegah Israel mengganggu operasi pimpinan ISIS di wilayah Suriah.

Menurut laporan tersebut, mekanisme koordinasi rahasia dimulai dengan Israel yang akan memberikan rincian misi yang telah direncanakan kepada CENTCOM dan kemudian komando akan melakukan peninjauan dan memberitahu Menhan AS serta kepala staf gabungan untuk selanjutnya melakukan penilaian.

Baca Juga: Banyak yang tuding Saiful Safir mokondo, Irene kakak Marissya Icha bantah dan beberkan bukti ini

AS biasanya menyetujui rencana serangan yang diajukan oleh Israel. Kadang-kadang meminta Israel untuk memodifikasi rencananya agar tidak mengganggu operasi AS untuk memporakporandakan ISIS.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: The Jerusalem Post, Times of Israel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inflasi melandai, momentum bagus jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:19 WIB