Tragis, kaki jamaah haji Indonesia melepuh akibat lakukan ini di Masjid Nabawi Arab Saudi

- Senin, 20 Juni 2022 | 11:29 WIB
Inalillahi kaki jamaah haji Indonesia melepuh akibat lakukan ini di Arab Saudi dokter sebut jamaah alami luka bakar yang perih, Foto dokumentasi Departemen Agama
Inalillahi kaki jamaah haji Indonesia melepuh akibat lakukan ini di Arab Saudi dokter sebut jamaah alami luka bakar yang perih, Foto dokumentasi Departemen Agama

Hops.ID – Suhu di Arab Saudi sangat panas hingga mencapai 46 derajat Celsius. Hal itu membuat lantai halaman Masjid Nabawi juga terasa sangat panas. Akibatnya, kaki jamaah haji dari Indonesia melepuh karena tidak menggunakan sandal atau sepatu.

Salah satu yang mengalami kaki melepuh adalah jemaah haji Indonesia asal Banda Aceh. Wanita paruh baya itu terduduk lemas dan kesakitan. Ia ditemui dokter yang tergabung dalam pemberi Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (P3JH), dr Fachrurrazy Basalamah, di halaman Masjid Nabawi.

Petugas yang sehari-hari berprofesi sebagai dokter itu langsung tanggap melihat kondisi lemas dan kesakitan yang dirasakan jemaah karena kakinya.

Nampak si jamaah haji langsung ditolong dengan sigap dengan diangkat dan didudukan di kursi roda. Saat dilakukan pertolongan, kondisi telapak kaki jemaah asal Banda Aceh tersebut terlihat melepuh dan kemerahan.

Baca Juga: Tak henti bersyukur, istri Ridwan Kamil kaget lihat kondisi makam Eril yang luar biasa usai 6 hari dimakamkan

Kemudian, setelah diperiksa ternyata jamaah tersebut mengalami luka bakar derajat dua tingkat sedang yang terjadi pada lapisan kulit lebih dalam dari epidermis.

“Jemaah mengalami luka bakar derajat dua. Ini merupakan derajat luka bakar tingkat sedang yang terjadi pada lapisan kulit lebih dalam dari epidermis,” kata dr. Fachrurozy Basalamah seperti dikutip dari website resmi Kemenag pada Senin, 20 Juni 2022.

Dia mengatakan kondisi kukit memerah dan terasa sangat perih jika disentuh.

Baca Juga: Jamaah salahkan ceramahnya, Gus Nur: Ulama besar seperti saya bila salah bukan sendiri tapi karena orang lain

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inflasi tinggi dan perlambatan bayangi pemulihan ekonomi

Selasa, 27 September 2022 | 19:28 WIB