Jurnalis Rusia lelang medali Nobel Perdamaian untuk anak-anak korban perang Ukraina

- Selasa, 21 Juni 2022 | 07:11 WIB
Jurnalis Rusia, Dmitry Muratov (Foto: New York Post)
Jurnalis Rusia, Dmitry Muratov (Foto: New York Post)

Hops.ID - Jurnalis Rusia, Dmitry Muratov baru saja melelang medali Penghargaan Nobel Perdamaian miliknya ke Heritage Auctions. Hasil penjualan dari medali tersebut akan disalurkan ke UNICEF untuk membantu anak-anak terlantar akibat perang di Ukraina pada hari Senin sore, 20 Juni 2022. 

Dmitry telah meninggalkan Rusia dan pergi ke New York pada hari Kamis, 16 Juni 2022.

Pelelngan online medali Nobel Perdamaian tersebut telah dilakukan pada 1 Juni 2022 bertepatan dengan peringatan Hari Anak Internasional.

Nobel Perdamaian milik Dmitry telah mendapatkan tawaran tertinggi sekitar US$550.000 pada hari Senin pagi dan diperkirakan akan naik hingga jutaan.

Baca Juga: 5 Contoh alat musik ritmis tradisional yang dimiliki Indonesia, dari tifa hingga ketimpung

Nobel Perdamaian telah didirikan sejak tahun 1091 oleh Alfred Nobel dan saat ini sudah ada hampir sekitar 1000 penerima hadiah Nobel dalam bidang fisika, kimia, fisologi atau kedokteran, sastra dan perdamaian.

James Watson, penemusStruktur DNA pernah mendapatkan medali Nobel pada tahun 1962 dan menjual medalinya dengan harga US$4,67 juta. Tiga tahun kemudian, Francis Crick juga menerima sekitar US$2,27 juta dalam penawaran lelang yang dilakukan oleh Heritage Auctions.

Diketahui Maria Resse dari Filipina dan Dmitry Muratov mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian pada Oktober 2021. Dmitry dan Maria mendapat kehormatan atas perjuangan mereka dalam mempertahankan kebebasan berbicara di negara mereka, terlepas dari ancaman yang mereka terima. 

Dmitry juga membantu mendirikan surat kabar independen Rusia, Novaya Gazeta dan telah menjadi pemimpin redaksi publikasi sebelum akhirnya ditutup pada Maret 2022. 

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: New York Post

Tags

Artikel Terkait

Terkini