Geram AS pasok senjata senilai USD 40 miliar ke Ukraina, Rusia peringatkan konfrontasi militer langsung

- Selasa, 21 Juni 2022 | 10:51 WIB
AS terus pasok senjata ke Ukraina, Rusia beri peringatan soal konfrontasi langsung. (Twitter @NEXTA)
AS terus pasok senjata ke Ukraina, Rusia beri peringatan soal konfrontasi langsung. (Twitter @NEXTA)

Hops.ID – Tindakan AS yang terus menerus memasok bantuan senjata ke Ukraina memicu kemarahan Rusia. Bahkan Rusia menyebut bahwa tindakan ini akan menyebabkan konfrontasi militer secara langsung antara dua kekuatan nuklir terbesar di dunia.

Perlu diingat bahwa sejak awal invasi Rusia ke Ukraina, AS telah menggelontorkan bantuan militer ke Ukraina senilai US$ 5,6 miliar. Bahkan pada awal Juni ini, bantuan senjata dengan total nilai US$700 baru saja disetujui.

Bantuan yang berupa pasokan senjata ini termasuk dua peluncur rudal anti kapal Harpoon, peluru kendali GMLRS untuk kompleks HIMARS, 18 howitzer M777, 36 ribu peluru 155mm dan beberapa ribu Intercom radio.

Merespons hal ini Rusia melalui dubesnya untuk Washington, Anatoly Antonov memperingatkan soal konfrontasi langsung antara AS dan Rusia.

Baca Juga: Ngamuk, Razman Nasution bawa bawa bestie Hercules, adik angkat ulama keturunan Nabi Muhammad SAW

“Kewalahan oleh keinginan untuk menimbulkan kekalahan strategis di Rusia, para elit lokal meningkatkan taruhan dalam meningkatkan ketegangan dengan mengirim senjata ke rezim Kyiv,” ucap Antonov seperti dikutip Hops.ID dari laman Rusia Today pada Selasa, 21 Juni 2022.

“Apakah benar-benar tidak dapat dipahami bahwa hal ini adalah jalan menuju konfrontasi militer langsung antara kekuatan nuklir terbesar, penuh dengan konsekuensi yang tidak terduga,” ucap Antonov.

Kegagalan yang disinggung oleh Antonov merujuk pada sanksi-sanksi yang dijatuhan Barat dan AS yang ternyata tidak mempan dan justru memberi pukulan keras pada perekonomian AS dan negara-negara Eropa.

Baca Juga: Ringgo Agus Rahman siap tukar peran dengan Sabai Morscheck dan jadi bapak rumah tangga

Sementara pemerintah AS terus memasok senjata, komunitas-komunitas lokal di Amerika kembali mempertanyakan sampai kapan tindakan ini akan terus dilakukan. Pasalnya, dukungan berupa bantuan senjata itu merugikan negara miliaran dollar serta meningkatkan risiko inflasi AS.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: Rusia Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini