Rusia-Lithuania bersitegang soal Kaliningrad, perang dengan NATO di depan mata

- Rabu, 22 Juni 2022 | 12:47 WIB
Rusia Lithuania berselisih soal Kaliningrad (Pixabay)
Rusia Lithuania berselisih soal Kaliningrad (Pixabay)

Hops.IDRusia dengan Lithuania kembali terlibat dalam perselisihan usai negara Baltik tersebut memberlakukan pembatasan transit barang ke Wilayah Kaliningrad.

Menanggapi kebijakan Lithuania soal Kaliningrad ini, Kepala Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev menanggapi dengan melayangkan ancaman yang disebut akan mendatangkan konsekuensi serius.

Dengan gamblang ia mengatakan bahwa Rusia akan memberikan respons atas tindakan Lithuania yang dianggap memicu permusuhan. Meski tidak menjelaskan secara rinci, tanggapan seperti apa yang akan diberikan oleh Rusia.

Baca Juga: Asus luncurkan ExpertBook B7 Flip, laptop 5G pertama di Indonesia cocok dukung produktivitas

Rusia pasti akan menangapi tindakan bermusuhan seperti ini. Langkah-langkah yang tepat akan diambil dalam waktu dekat. Konsekuensinya, akan memiliki dampak negatif yang serius pada penduduk Lithuania," ucap Patrushev seperti dikutip Hops.ID dari laman The Guardian pada Rabu 22 Juni 2022.

Sebelum ketegangan ini meningkat, Lithuania membuat pengumuman bahwa mereka tidak bisa lagi mengangkut bahan atau bijih besi melintasi wilayah Uni Eropa ke Kaliningrad.

Hal ini merujuk pada kebijakan berupa sanksi yang dibuat Uni Eropa untuk Rusia yang berisi larangan pengiriman barang-barang, termasuk batu bara, logam, bahan konstruksi, dan teknologi.

Baca Juga: HUT DKI Jakarta ke-495: Pemprov DKI siapkan acara gratis yang bisa dikunjungi semua masyarakat, ini lokasinya

Pengumuman ini lantas memicu kekacauan dan panic buying di Wilayah Kaliningrad serta memancing kemarahan dari pemerintah Rusia. Pasalnya menurut Kremlin, Lithuania telah melanggar perjanjian transit yang disepakati pada tahun 2004.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Reuters, Guardian, LRT

Tags

Artikel Terkait

Terkini