Anies Baswedan tanggapi kritikan terkait polusi udara Jakarta, Begini katanya

- Rabu, 22 Juni 2022 | 16:43 WIB
Anies Baswedan (Sumber foto: Twitter @aniesbaswedan)
Anies Baswedan (Sumber foto: Twitter @aniesbaswedan)

Hops.ID - Baru-baru ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan sejumlah kritikan terkait dengan buruknya kualitas udara di Jakarta.

Kritikan tersebut salah satunya dari anggota fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak yang menyebut bahwa Anies hanya fokus menaikkan elektoralnya untuk menjadi calon Presiden 2024 daripada memikirkan kualitas udara ibu kota.

"Pilpres masih 14 Februari 2024, dan Anies masih menjabat sampai 16 Oktober 2022. Akan tetapi saat udara Jakarta mengalami polusi terberat di dunia, fokus Anies terlihat lebih ke pencapresan," kata Gilbert seperti dikutip Hops.ID dari Suara, Rabu 22 Juni 2022.

Baca Juga: Hasil survei Capres 2024 SMRC: Ganjar Pranowo unggul telak meninggalkan Anies Baswedan

Sebagai informasi, berdasarkan data IQ Air per 22 Juni 2022, AQI US Jakarta berada di angka 128 dan masih tergolong tidak sehat bagi kelompok sensitif. Sedangkan konsentrasi PM2.5 di udara Jakarta saat ini 9,3 kali lebih tinggi dari nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. Hal ini yang menjadi dasar kritikan sejumlah pihak terhadap Anies Baswedan.

"Segala hal, mulai dari peresmian JIS, dan berbagai kegiatan lainnya, hingga NasDem memunculkan nama Capres diberi pendapat olehnya," kata Gilbert.

"Jelas polusi beracun ini mengurangi angka harapan hidup sebesar empat tahun dan lebih berbahaya dari AIDS dan penyakit lainnya. Apakah ini bentuk ketidakpedulian karena mau nyapres?" ujarnya lagi.

Baca Juga: Warga Wadas gelar aksi di depan kantor Gubernur Ganjar, bukan ditemui malah dihadang kawat berduri

Hal ini pun ditanggapi langsung Anies Baswedan baru-baru ini. Dirinya mengajak seluruh pihak untuk membaca kabar berita secara kritis.

Halaman:

Editor: Danang Setiaji Prabowo

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Publik harus dorong koalisi tidak hanya dua poros

Senin, 26 September 2022 | 21:39 WIB