Update terbaru gempa dahsyat mengguncang Afganistan dan Iran, kini nyaris 1.000 orang tewas

- Rabu, 22 Juni 2022 | 18:52 WIB

Hops.ID - Pagi tadi, gempa dahsyat mengguncang Afghanistan, Rabu 22 Juni 2022. Bahkan gempa dahsyat yang terasa hingga sebagian wilayah Pakistan dan Iran tersebut mengakibatkan 920 orang meninggal dunia, dan 600 orang lainnya luka-luka.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan kekuatan gempa dahsyat berkekuatan Magnitudo 6,1. Pusat gempa berada sekitar 46 km (27 mil) dari kota Khost, dekat perbatasan Pakistan.

“Sejauh ini, informasi yang kami terima, setidaknya 920 orang tewas dan 600 terluka akibat gempa dahsyat,” kata Mawlawi Sharafuddin, wakil menteri penanggulangan bencana, dilansir Hops.ID dari laman Al Jazeera, Rabu 22 Juni 2022.

Baca Juga: Vladimir Putin: Kita akan kerahkan rudal balistik Sarmat pada akhir 2022

Sebelumnya, pejabat kementerian dalam negeri Salahuddin Ayubi mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat.

"Korban tewas akan meningkat, karena beberapa desa berada di daerah terpencil di pegunungan, dan ini butuh waktu untuk mengumpulkan rincian datanya," kata Ayubi.

Yaqub Manzor, seorang pemimpin suku dari provinsi Paktika, mengatakan para penyintas bergerak untuk membantu mereka yang terkena dampak.

Baca Juga: Anies Baswedan tanggapi kritikan terkait polusi udara Jakarta, Begini katanya

"Pasar lokal tutup dan semua orang bergegas ke daerah yang terkena dampak," katanya kepada kantor berita AFP melalui telepon.

Komite penyelamat internasional mengatakan mereka telah mengerahkan tim medis lokal untuk mencoba dan menanggapi bencana.

Halaman:

Editor: Mufrod

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB sudah punya tiket, tidak akan buru-buru

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:01 WIB

Pengumuman Capres bisa kerek elektabilitas Parpol

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:48 WIB