Perang di Ukraina semakin memanas, Finlandia nyatakan siap berperang dengan Rusia

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:10 WIB
Panglima Angkatan Bersenjata Finlandia, Timo Kivinen menyatakan kesiapan Finlandia berperang dengan Rusia (Twitter @nexta_tv)
Panglima Angkatan Bersenjata Finlandia, Timo Kivinen menyatakan kesiapan Finlandia berperang dengan Rusia (Twitter @nexta_tv)

 

Hops.ID – Eskalasi yang semakin meningkat antara Rusia dan Ukraina telah mendorong perang dingin di negara-negara yang berbatasan termasuk Finlandia yang telah memperkuat negaranya secara militer.

Alih-alih terancam, Finlandia telah memersiapkan kemungkinan terburuk andai Rusia menyerang sewaktu-waktu ketika eskalasi makin melebar ke negara perbatasan.

Menanggapi kemungkinan tersebut, dilansir Nexta pada Rabu, 22 Juni 2022,  Panglima Angkatan Bersenjata Finlandia, Timo Kivinen, menyatakan kesiapan Finlandia jika harus berperang dengan Rusia sewaktu-waktu.

Finlandia telah mempersiapkan serangan Rusia selama beberapa dekade dan akan menawarkan perlawanan sengit jika itu terjadi,” katanya dikutip Hops.ID pada Kamis, 23 Juni 2022.

Baca Juga: Polisi tilang motor saat masih di area dealer, pemilik geram: Ini posisi masih di dealer pak!

Sebelumnya Finlandia bersama dengan Swedia telah menyerahkan aplikasi keanggotaan bergabung dengan NATO sebagai bentuk upaya keamanan negaranya dari ancaman Rusia.

Namun, upaya tersebut kini terhambat karena Presiden Turki, Erdogan pada bulan Mei lalu memblokir aplikasi keanggotaan Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan NATO.

Turki menuduh jika Finlandia dan Swedia menyembunyikan anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dinyatakan sebagai kelompok teroris oleh Turki dan sekutu Baratnya. Oleh karena itu, Turki meminta Swedia dan Finlandia untuk membekukan senjata mereka di negaranya.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Twitter @nexta_tv

Tags

Artikel Terkait

Terkini