Rusia kian hangat dengan Iran! Begini wujud kerja sama yang disepakati, salah satunya terkait nuklir

- Jumat, 24 Juni 2022 | 14:54 WIB
Rusia kian hangat dengan Iran! Berikut wujud kerja sama yang disepakati, salah satunya terkait nuklir (Twitter @nachomdeo)
Rusia kian hangat dengan Iran! Berikut wujud kerja sama yang disepakati, salah satunya terkait nuklir (Twitter @nachomdeo)

Hops.ID - Dalam sebuah laporan yang dirilis IRIB TV, dikabarkan bahwa Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov tiba di Teheran, Iran pada Rabu 22 Juni 2022. Hal ini berkaitan dengan pembahasan kerja sama bilateral, dan cara-cara untuk memecahkan kebuntuan nuklir Iran

IRIB TV juga melaporkan bahwa Sergei Lavrov, yang dalam perjalanan dua harinya ke Iran atas undangan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi, tak lama setelah kedatangannya di Teheran.

Setelah tidak mengungkapkan rincian pertemuan antara Raisi dan diplomat Rusia, televisi yang dikelola pemerintah Iran itu melaporkan bahwa Sergei Lavrov diperkirakan akan bertemu dengan pejabat senior Iran lainnya untuk membahas negosiasi yang bertujuan memulihkan kesepakatan nuklir 2015, antara Iran dan kekuatan dunia.

Baca Juga: Xi Jinping: China mengecam keras penyalahgunaan sanksi ekonomi yang dilakukan negara Barat

"Kedua pihak juga akan membahas situasi di Ukraina, Suriah, dan Afghanistan, serta menggali cara-cara untuk meningkatkan hubungan bilateral dalam perdagangan dan energi," tulis laporan tersebut, dilansir Hops.ID dari laman Xinhua, Jumat 24 Juni 2022.

Seperti diketahui, baik Iran dan Rusia, kini tunduk pada sanksi ketat AS, yang telah membatasi kemampuan mereka untuk mengangkut energi ke pasar internasional.

Iran sendiri telah menandatangani kesepakatan nuklir, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) Juli 2015. 

Baca Juga: Update terbaru gempa dahsyat mengguncang Afganistan dan Iran, kini nyaris 1.000 orang tewas

Hal ini untuk menempatkan beberapa pembatasan pada program nuklirnya dengan imbalan penghapusan sanksi terhadap Teheran.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Xinhua

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengumuman Capres bisa kerek elektabilitas Parpol

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:48 WIB