Serangan rudal besar-besaran dilancarkan dari Belarusia ke Ukraina, Rusia disebut seret sekutunya dalam perang

- Minggu, 26 Juni 2022 | 09:35 WIB
Serangan rudal ditembakkan dari wilayah Belarusia, Rusia dituding seret sekutunya dalam perang Ukraina (Twitter NEXTA)
Serangan rudal ditembakkan dari wilayah Belarusia, Rusia dituding seret sekutunya dalam perang Ukraina (Twitter NEXTA)

Hops.ID – Sejak perang dimulai pada 24 Februari lalu, untuk pertama kalinya Belarusia disebut ikut campur dalam invasi yang dilakukan Rusia.

Hal itu lantaran pada Sabtu, 25 Juni 2022, serangan rudal besar-besaran untuk pertama kalinya ditembakkan dari wilayah Belarusia ke Ukraina.

Hal ini diungkap oleh kepala Direktorat Inteljen Kementrian Pertahanan Ukraina melalui akun facebooknya yang mengatakan bahwa serangan yang baru saja dilakukan adalah bentuk provokasi skala besar oleh Rusia yang pada akhirnya menyeret Belarusia dalam perang melawan Ukraina.

Menurut informasi, serangan ini terjadi pada pukul 5 pagi waktu setempat di wilayah Chernigov, Kiev dan Sumy yang mengalami penembakan rudal besar-besaran oleh roket yang ditembakkan enam pembom Rusia dari kota Petrikov Belarus, wilayah yang berjarak sekitar 50-60 km dari perbatasan Ukraina.

Baca Juga: Dewi Perssik bongkar durasi ranjang antara suami dan para mantan ke Hotman Paris: Yang kedua hanya sebentar

Komado militer menyebut bahwa setidaknya ada 20 roket dijatuhkan dengan mentargetkan desa Desna di wilayah Chernigov, meski tidak ditemukan korban jiwa tetapi serangan itu telah menyebabkan kerusakan infrastruktur.

“Ini adalah kasus pertama serangan udara di Ukraina langsung dari wilayah Belarusia. Penembakan hari ini secara langsung terkait dengan upaya otoritas Kremlin untuk menyeret Belarusia ke dalam perang di Ukraina sebagai peserta langsung,” tulis pernyataan itu seperti dikutip Hops.ID dari laman Rusia Today pada Minggu 26 Juni 2022.

Menambahkan informasi, pada hari Jumat sebelumnya, kelompok sabotase Rusia tiba di Mozyr di Belarusi dengan tujuan untuk meledakkan bangunan tempat tinggal sekolah dan rumah sakit setempat.

Baca Juga: Malaysia Open 2022 digelar lusa, berikut daftar lengkap turnamen badminton BWF Juli 2022 hingga Desember 2022

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Rusia Today

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Transformasi ekonomi digital mesti infrastruktur dan SDM

Kamis, 29 September 2022 | 20:46 WIB

Apa itu peristiwa berdarah G30S/PKI? Ini penjelasannya

Kamis, 29 September 2022 | 19:59 WIB