Pasukan di Severodonetsk kecanduan narkoba dan mogok bertempur, Zelensky ngamuk ke panglima tinggi Ukraina

- Senin, 27 Juni 2022 | 14:22 WIB
Presiden Volodymyr Zelensky dikabarkan terlibat konflik dengan panglima tinggi Ukraina karena pasukannya tak mau bertempur di Severodonetsk (Twitter @uawarinfo)
Presiden Volodymyr Zelensky dikabarkan terlibat konflik dengan panglima tinggi Ukraina karena pasukannya tak mau bertempur di Severodonetsk (Twitter @uawarinfo)

Hops.ID – Kekalahan pasukan Ukraina di wilayah Severodonetsk dan Lisichank disebut menyulut konflik antara Presiden Volodymyr Zelensky dan Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Ukraina, Valery Zaluzhny.

Menurut laporan Asisten Menteri Dalam Negeri Repulik Rakyat Luhansk (LPR), Vitaly Kielyov, Zelensky melayangkan protes kepada Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Ukraina mengenai mengapa pasukannya tidak lagi bertarung di Severodonetsk dan Lisichansk serta merebut kembali dua wilayah tersebut.

Dikutip Hops.ID dari laman TASS, Senin, 27 Juni 2022, beberapa saluran telegram Ukraina juga melaporkan soal konflik internal antara Presiden Zelensky dengan Zaluzhny, meski presiden Ukraina itu mengelak soal kabar yang beredar ini.

Baca Juga: Turki bongkar alasan tak beri Rusia sanksi: Akan rugikan ekonomi negara sendiri

“Terdapat informasi yang beredar bahwa Zelensky bertanya kepada Zaluzhny mengapa pasukan tidak ingin berperang dan mengapa pasukan tidak merebut kembali Severodonetsk  dan Lisichansk dan mengapa ada begitu banyak pengemudi, juru masak kdan petugas radio di tentara,” ucap Kiselyov.

Tak hanya itu, kemunduran psikologis dan moral pasukan Ukraina juga dilaporkan dalam sebuah berita yang dimuat oleh Smotrim, media online milik pemerintah Rusia. Mereka (pasukan Ukraina) yang melarikan diri dari Severodonetsk terutama prajurit brigade 30 disebut mabuk dan kecanduan narkoba.

Berita ini ditulis merujuk pada keterangan yang disampaikan oleh Jubir Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov. Menurut Konashenkov brigade 30 di dekat Artemovsk mengalami kecanduan obat-obatan terlarang dan mengalami desersi masal.

Baca Juga: Ruben Onsu masuk rumah sakit, Betrand Peto menangis tanpa henti mendapati ayah sambungnya terbaring lemah

Sebagai informasi, terhitung dari hari Sabtu, 25 Juni 2022, Wali Kota Severodonetsk mengakui bahwa wilayah itu telah diduduki sepenuhnya oleh pasukan Rusia setelah pertarungan berminggu-minggu lamanya, terutama di bagian timur wilayah.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: TASS, The Moskow Times, Smotrim.ru

Tags

Artikel Terkait

Terkini