Korea Utara sebut AS mau bikin NATO 'versi' Asia, siap-siap perkuat pertahanan

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:46 WIB
Bendera Korea Utara. Foto: SCMP
Bendera Korea Utara. Foto: SCMP

Hops.ID Korea Utara siap memperkuat pertahanan mereka di tengah ancaman Amerika Serikat (AS) yang disebutnya ingin membentuk aliansi mirip NATO di Asia, serta ingin menggulingkan pemerintahannya.

Hal itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Korea Utara melalui situs resminya belum lama ini. Pernyataan itu dikeluarkan tak lama setelah Korut melihat kesepakatan yang dilakukan antara Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Presiden AS Joe Biden, untuk mengerahkan lebih banyak senjata AS jika perlu untuk menghalangi Korut.

Tak cuma itu, kegiatan AS bersama Jepang dan Korea Selatan yang melakukan latihan militer bersama juga menjadi alasan mengapa pernyataan semacam itu keluar dari Korea Utara.

Baca Juga: Genap berusia 30 tahun, Ayu Ting Ting dambakan keluarga yang utuh: Pengin jodoh yang terbaik

“Sementara secara terang-terangan mengadakan latihan militer bersama dengan Jepang dan Korea Selatan, Amerika Serikat membuat langkah penuh untuk membentuk NATO bergaya Asia,” kata Kemenlu Korea Utara, disitat laman Reuters, Senin 27 Juni 2022.

AS belum lama ini juga melakukan latihan militer bersama dengan Korea Selatan, yang untuk pertama kalinya dalam empat tahun, melibatkan kapal induknya.

Korea Utara pun kembali menegaskan bahwa latihan semacam itu adalah persiapan untuk perang yang bertujuan untuk menggulingkan sistem pemerintahannya.

Baca Juga: Modifikator Surabaya geruduk OLX Autos IMX, orang dalam Pemprov bilang begini

“Ini membuktikan kemunafikan retorika AS tentang ‘keterlibatan diplomatik’ dan ‘dialog tanpa prasyarat’, sementara pada saat yang sama mengungkapkan lagi bahwa tidak ada perubahan dalam ambisi AS untuk menggulingkan sistem kami dengan paksa,” lanjut Kemenlu Korut.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Reuters

Tags

Terkini