Beli Pertalite dan Solar wajib pakai aplikasi MyPertamina per 1 Juli, begini reaksi netizen

- Selasa, 28 Juni 2022 | 19:44 WIB
Beli BBM khususnya Pertalite dan Solar wajib menggunakan aplikasi MyPertamina (foto spesial)
Beli BBM khususnya Pertalite dan Solar wajib menggunakan aplikasi MyPertamina (foto spesial)

Hops.ID- Kebijakan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan aplikasi MyPertamina yang mulai berlaku per 1 Juli 2022 menimbulkan sejumlah kontroversi dari berbagai pihak.

Penerapan aplikasi MyPertamina sebagai syarat untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) menimbulkan berbagai polemik dari berbagai pihak.

Menurut ketua Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI), Firman Turmantara menilai penggunaan aplikasi MyPertamina untuk syarat pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup merepotkan konsumen.

Baca Juga: Sebentar lagi cair, begini teknis pembayaran gaji ke-13 untuk ASN

Selain itu, Firman juga mengatakan seharusnya PT. Pertamina memberikan opsi atau pilihan kepada konsumen sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 4 UU No.8 Tahun 1999 tentang hak untuk memilih.

"Setiap kebijakan dalam pemilihan satu metode atau cara harus ada pilihan. Tetap harus ada pilihan (dalam opsi pembayaran), jadi itu memberikan kemudahan bagi masyarakat. Hak memilih itu termasuk dalam hak asasi manusia," kata Firman sebagaimana yang Hops.ID lansir dari suara.com pada Selasa, 28 Juni 2022.

Kemudian, Firman juga menambahkan apabila konsumen tetap diharuskan membayar BBM menggunakan aplikasi sebagai syarat untuk membeli BBM, maka bisa terdapat beberapa aspek hukum yang berpotensi dilanggar dan akan menjadi bentuk pemaksaan terhadap konsumen.

Baca Juga: Bantah Marshanda hilang, keluarga ungkap kondisi terkini dan lokasi sang artis: Dia lagi healing trip

Sebelumnya, direktur utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan bahwa pihaknya sedang berinisiatif dan berinovasi untuk melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar yang sudah terdaftar dalam sistem aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli 2022 mendatang.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Instagram @Folkative, Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ekonom apresiasi keberlanjutan Program Pra Kerja

Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:51 WIB

KIB sudah punya tiket, tidak akan buru-buru

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:01 WIB