Wakil Presiden Ma'ruf Amin minta MUI segera terbitkan fatwa ganja medis

- Rabu, 29 Juni 2022 | 09:55 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wakil Presiden Maruf Amin

Hops.ID -  Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk segera terbitkan fatwa mengenai legalisasi ganja untuk kepentingan medis.

Sebelumnya pembicaraan mengenai ganja untuk kepentingan medis menjadi topik hangat di publik, setelah foto seorang ibu membawa poster ganja medis untuk putrinya yang mengidap cerebral palsy viral.

Aksi tersebut pun menuai simpati dari masyarakat, salah satunya penyanyi Andien Aisyah. 

Melalui media sosial Twitter pribadinya, Andien Aisyah mengunggah pertemuan dengan ibu Santi dan menceritakan perjuangan sang ibu untuk pengobatan anaknya.

Baca Juga: Izin usaha 12 cabang Holywings dicabut, Ustaz Syam sebut 2.850 karyawan telah diselamatkan dari gaji haram

Namun keinginan Santi belum terealisasi, karena menurut undang-undang Nomor 35 tahun 2009 penggunaan ganja di Indonesia masih ilegal karena masuk ke dalam narkotika golongan I.

Ramai jadi perbincangan publik, pada tanggal 28 Juni 2022 Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta MUI untuk membuat kajian dan menerbitkan fatwa mengenai penggunaan ganja untuk kepentingan medis.

“Masalah (ganja untuk) kesehatan itu, saya kira MUI harus segera buat fatwanya, fatwa baru,” ujar Ma'ruf Amin di kantor MUI, Jakarta sebagaimana dilansir Hops.ID dari Youtube Pikiran Rakyat.

Menurut Wakil Presiden Indonesia itu, fatwa mengenai wacana legalisasi ganja untuk medis, nantinya bisa menjadi pedoman bagi DPR untuk menyikapi urgensi ganja medis.

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: Youtube Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini