Ini ternyata alasan Wapres Ma'ruf Amin minta MUI buatkan fatwa tentang ganja medis

- Rabu, 29 Juni 2022 | 10:48 WIB
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin meminta MUI membuat fatwa tentang wacana penggunaan ganja untuk kebutuhan medis. (Dok Setwapres)
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin meminta MUI membuat fatwa tentang wacana penggunaan ganja untuk kebutuhan medis. (Dok Setwapres)

Hops.ID - Baru-baru ini, viral kisah seorang ibu bernama Santi Warastuti yang meminta pemerintah melegalkan Ganja untuk medis.

Perjuangan Santi yang meminta Ganja untuk medis tersebut diketahui publik, sebagai pengobatan anaknya, bernama Pika, yang mengidap cerebral palsy atau gangguan yang memengaruhi kemampuan koordinasi tubuh seseorang.

Bahkan kini, upaya Santi meminta kelegalan Ganja untuk medis tersebut di respon Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Babak baru kasus Holywings, LBH Jakarta desak Presiden Jokowi evaluasi pasal karet

Dalam penelusuran tim Hops.ID, kini Ma'ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia atau MUI agar mempersiapkan fatwa Ganja untuk medis. Hal ini diupayakannya saat acara Rapat Dewan Pimpinan MUI pada Selasa, 28 Juni 2022 pagi.

"MUI ada putusan bahwa ganja memang dilarang, dalam arti membuat masalah, dalam Alquran dilarang, masalah kesehatan itu sebagai pengecualian, MUI harus membuat fatwanya. Fatwa baru membolehkannya," kata Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dilansir Hops.ID dari laman Suara, Rabu 29 Juni 2022.

"Artinya ada kriteria, saya kira MUI akan segera mengeluarkan fatwanya untuk bisa dipedomani oleh DPR," katanya lagi.

Baca Juga: Serikat SINDIKASI tuntut Holywings tanggung jawab atas nasib pekerjanya

Lebih lanjut, fatwa tersebut, menurut Ma'ruf Amin, penting agar nantinya penggunaan Ganja untuk medis malah mendatangkan lebih banyak masalah.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini