Profil Tjahjo Kumolo, pernah pimpin KNPI hingga jabat sejumlah posisi strategis

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:24 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo (Instagram tjahjo_kumolo)
Menpan RB Tjahjo Kumolo (Instagram tjahjo_kumolo)

Hops.ID - Kabar duka datang menyelimuti publik di Indonesia. Tjahjo Kumolo, yang menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dikabarkan meninggal dunia, Jumat 1 Juli 2022.

Dalam penelusuran tim Hops.ID, Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal sekitar pukul 11.10 WIB, setelah menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari lalu.

Berikut profil lengkap Tjahjo Kumolo, yang menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo meninggal dunia, putri bungsu benarkan lewat unggahan story Instagram

Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia. Dia menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Selain itu, melansir dari laman Wikipedia, Tjahjo Kumolo juga pernah terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009-2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI.

Bahkan Tjahjo Kumolo juga sempat menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Baca Juga: Breaking News! Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo

Saat itu, Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015, yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

Dalam penelusuran lanjutan, Tjahjo Kumolo sebelumnya juga tercatat pernah menjadi Ketua Umum KNPI, dan anggota Partai Golongan Karya.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini