Kok kampusnya Mayang, Universitas Moestopo ada kata Beragama sih, ternyata efek komunis PKI

- Minggu, 3 Juli 2022 | 13:42 WIB
Mengapa kampusnya Mayang, Universitas Moestopo ada kata Beragama sih, ternyata dampak komunis PKI  (Kolase Instagram @mayaanglf, Facebook Universitas Prof Dr Moestopo Beragama)
Mengapa kampusnya Mayang, Universitas Moestopo ada kata Beragama sih, ternyata dampak komunis PKI (Kolase Instagram @mayaanglf, Facebook Universitas Prof Dr Moestopo Beragama)

Hops.ID - Pecinta gosip sedang ramai tuh soroti Mayang anak Doddy Sudrajat bisa dapat beasiswa kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo.

Usut punya usut nih, Mayang dapat beasiswa bukan dari Universitas Moestopo tapi dari perorangan.

Nah bestie Hopers, tahu nggak sejarah Universitas Moestopo calon kampusnya Mayang ini. Kalo Moestier pasti sudah tahu ya sejarah kampusnya. Ternyata nih, Universitas Moestopo itu populer namanya Universitas Moestopo Beragama. Kok ada nama Beragama. Unik kan.

Nah kalian yang barangkali masih simpang siur soal kenapa Universitas Moestopo dinamai Universitas Moestopo Beragama, yuk simak yuk sejarahnya bestie Hopers.

Baca Juga: Bela Holywings, pendeta Saifuddin Ibrahim malah sebut Nabi Muhammad akan nikahi Maria ibu Yesus

Tahu nggak kalian Universitas Moestopo calon kampusnya Mayang itu nama resminya Universitas Prof Dr. Moestopo Beragama disingkat UPDM(B).

Nah siapa sih Moestopo, dia adalah pendiri kampus Universitas Moestopo pada 1952. Moestopo ini adalah dokter gigi dari militer. Kala mendirikan kampus yang nantinya bakal jadi Universitas Moestopo ini, Moestopo saat itu berpangkat Kolonel.

Sedangkan pangkat terakhir dokter gigi Moestopo adalah Mayor Jenderal alias jenderal bintang dua nih.

Nah kenapa ya kok Universitas Moestopo ada embel-embel nama Beragama sih. Nah ini juga jamak ditanyakan orang nih bestie.

Universitas Moestopo Beragama atau Universitas Moestopo (Facebook Universitas Prof Dr Moestopo Beragama)

Baca Juga: Ditanya kesiapan menikah dengan Marshel Widianto, Celine Evangelista: Hati dan pikiranku bertolak belakang

Nah dalam ulasan di dalam majalah internal Universitas Moestopo edisi Agustus-September 2010 nih, tulisan Panggih Sundoro menjelaskan asal usul nama Universitas Moestopo, kok populer Universitas Moestopo Beragama. 

Lawan komunis dan PKI

Jadi ternyata nih, ini ada kaitannya dengan era komunisme dan Partai Komunis Indonesia alias PKI sedang kuat-kuatnya di Indonesia lho.

Panggih menuliskan penambahan kata 'Beragama' pada kampus Universitas Beragama ini adalah inisiatif Moestopo langsung, si pendiri kampus.

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: Majalah Moestopo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Nama dataran rendah di Pulau Jawa

Selasa, 7 Februari 2023 | 16:16 WIB