Harganya terus anjlok, beredar video petani sawit Indonesia ramai-ramai jual hasil panen ke Malaysia

- Senin, 4 Juli 2022 | 10:35 WIB
Petani sawit Indonesia terpaksa jual hasil panen ke Malaysia usai harga TBS anjlok. (Twitter Serikat Petani Kelapa Sawit)
Petani sawit Indonesia terpaksa jual hasil panen ke Malaysia usai harga TBS anjlok. (Twitter Serikat Petani Kelapa Sawit)

Hops.ID – Dicabutnya larangan impor minyak goreng membuat harga sawit di Indonesia makin turun drastis. Imbasnya, petani sawit mulai menjual hasil panennya ke Malaysia, lantaran dianggap lebih menguntungkan.

Seperti yang terjadi belum lama ini, di mana beredar sejumlah video di media sosial yang menunjukan petani sawit Indonesia menjual hasil panen ke Malaysia menggunakan truk dan perahu.

Misalnya, seperti video unggahan akun instagram @majeliskopi08 yang menunjukan bahwa petani sawit Indonesia tengah bersiap mengirimkan hasil panennya ke negara tetangga, Malaysia.

Baca Juga: Vincent Rompies peluk anak istri usai menang Tepok Bulu 2022, langsung dipuja-puji netizen

Video yang diunggah pada hari Sabtu, 2 Juli 2022 itu menunjukan beberapa truk penuh dengan buah sawit berbaris di pingir jalan. Melalui video yang sama, si perekam mengatakan bahwa mereka sedang dalam perjalanan ke Malaysia untuk menjual sawit.

Opsi menjual sawit ke Malaysia dipilih karena di sana para petani asal Indonesia bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi.

“OTW Malaysia guys, harga (Malaysia) Rp 5.000, pusing kepala harga (di Indonesia) cuma Rp 1.000 dapat 5 buah, kita langsung ke Malaysia. Tak cakap banyak pokoknya kita pusing ke Malaysia,” ucap si perekam.

Baca Juga: Jadi ibu sambung 4 anak Sule, Nathalie Holscher sengaja ciptakan momen bahagia: Harus happy semua

Tak hanya satu video itu saja, dalam unggahan akun Instagram lainnya @petanisawitsukses juga memperlihatkan pengiriman tumpukan buah sawit mengunakan perahu yang memang disebut sedang menuju ke Malaysia.

Menurut penuturan si perekam, total buah yang ada dalam perahu itu seberat 30 ton.  Sembari mengeluhkan harga buah sawit di Indonesia yang terlalu murah, si perekam mengakui akhirnya memilih menjual hasil panen buah sawit ke Malaysia.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Instagram @majeliskopi08, Suara, Akun Instagram @petanisawitsukses

Tags

Artikel Terkait

Terkini