Kemenpora dukung kekuatan ekonomi masyarakat Bali dengan kearifan lokal yang menarik

- Senin, 4 Juli 2022 | 16:10 WIB
Drs. Imam Gunawan, MAP, Plt. Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora.  (mufrod)
Drs. Imam Gunawan, MAP, Plt. Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora. (mufrod)

 

Hops.ID – Pulau Bali menjadi salah satu wilayah yang banyak dikenal dengan keindahan alam yang sangat terjaga, serta dibalut adat budaya yang sangat kental melengkapi daya tarik pulau Bali sebagai salah satu pulau yang dikenal hingga ke manca negara.

Tak asing jika masyarakat Bali sangat mengandalkan pariwisata, dengan hadirnya wisatawan mancanegara hingga local yang berlibur dan menghabiskan waktu di pulau Dewata ini. Berdasarkan data sebanyak 56,78 persen masyarakat sekitar bergantung terhadap pariwisata yang ada di pulau ini.

Hal inilah yang kemudian menjadi peluang bagi masyarakat setempat untuk memenuhi setiap peluang dan kebutuhan pendukung dari sector pariwisata yang sangat terkenal. Salah satunya yang dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang turut berkontribusi dalam membangun kekuatan ekonomi bagi masyarakat Bali khususnya serta seluruh masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: Kemenpora ajak mahasiswa bangun kolaborasi ekosistem kewirausahaan di kalangan kampus

Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Drs Imam Gunawan MAP, menjelaskan jika peluang ekonomi harus dilakukan sejak dini, agar masyarakat khususnya generasi muda bisa secara matang menjalankan peluang ekonomi yang ada di Bali.

“Dunia wirausaha sangat menuntut pelaku untuk berfikir kreatif dan harus memiliki daya inovatif. Tak hanya itu calon wirausaha juga harus memiliki keberanian, tentu dalam hal memulai usaha hingga mampu mengendalikan risiko yang sering terjadi di dunia usaha,” ungkap Imam melalui program Kuliah Kewirausahaan Pemuda Arah Kebijakan Ekonomi Bali dalam ekosistem kewirausahaan di kampus UNHI, Senin 4 Juli 2022.

Lebih lanjut Imam memaparkan, berwirausaha akan menjadi pondasi dalam membantu ekonomi secara nasional yang dimulai dari hal terkecil untuk bisa menjadi besar. Peluang kekuatan ekonomi inilah yang harus menjadi salah satu terobosan yang wajib dilakukan seorang wirausahawan agar Bali memiliki banyak kekuatan sector ekonomi.

Baca Juga: Kemenpora pol-polan cetak calon entrepreneur dari puluhan perguruan tinggi, beri bekal ilmu hingga modal

Berbagai peluang yang bisa menjadi target diantaranya sector pertanian, kelautan dan perikanan, industry serta Pariwisata. Seluruh sector tersebut saat ini masih terbuka luas peluang dan inovasi yang bisa diciptakan masyarakat untuk memperkuat system perekonomian bagi Indonesia.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini