Vaksin Booster jadi syarat perjalanan hingga masuk ke mal hingga Jabodetabek kembali menerapkan PPKM Level 2

- Selasa, 5 Juli 2022 | 10:38 WIB
Ilustrasi kandungan dan cara kerja vaksin AstraZeneca. (YouTube/Alodokter)
Ilustrasi kandungan dan cara kerja vaksin AstraZeneca. (YouTube/Alodokter)

Hops.ID - Pemerintah melalui Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengumumkan pemberlakuan vaksin booster menjadi syarat wajib untuk menghadiri kegiatan keramaian dan perjalanan.

"Satgas sudah mengeluarkan surat edaran bahwa untuk kegiatan keramaian wajib 'booster' dosis ketiga," ucap Airlangga di kantor Presiden di Jakarta pada Senin, 4 Juli 2022.

Airlangga menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers seusai menghadiri rapat terbatas dengan agenda evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga: Beradegan peluk wanita lain, Teuku Ryan suami Ria Ricis diserang netizen: Katanya hijrah

"Tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan," sambung Airlangga Hartarto.

Surat edaran yang dimaksud adalah Surat Edaran Nomor 22 tahun 2022 yang efektif berlaku mulai 21 Juni 2022.

Aturan tersebut memuat aturan acara yang dihadiri secara fisik oleh lebih dari 1.000 orang, dalam waktu dan lokasi tertentu yang sama baik dalam maupun luar ruang.

Baca Juga: Terungkap! Nathalie Holscher sebut ingin pisah dari Sule, begini alasannya

Di dalam surat edaran disebutkan bahwa anak usia 6 sampai dengan 17 tahun diperbolehkan masuk dengan wajib vaksinasi dosis kedua, sedangkan usia 18 tahun ke atas diberlakukan wajib vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo,untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis satu, dua dan tiga akan segera disiapkan gerai vaksinasi di bandara. Geri tersebut menyediakan penyuntikan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Tags

Artikel Terkait

Terkini