Dianggap mengancam keberlangsungan hidup hewan terancam punah, aturan di masa Donald Trump ini akan dibatalkan

- Rabu, 6 Juli 2022 | 15:01 WIB
Ilustrasi hewan yang terancam punah  (Danne/Pexels)
Ilustrasi hewan yang terancam punah (Danne/Pexels)

Hops.ID - Seorang hakim federal akan membatalkan aturan mengenai perlindungan hewan yang terancam punah pada masa pemerintahan Donald Trump. Hal ini sejalan dengan pernyataan Joe Biden yang akan memperkuat perlindungan spesies tersebut.

Menurut Jon Tigar, selaku Hakim Distrik AS di California Utara, mengatakan dua agen satwa liar di bawah perintah Joe Biden sedang melakukan peninjauan terhadap peraturan Donald Trump.

Keputusan ini akan memulihkan perlindungan di bawah UU spesies hewan terancam punah, beberapa di antaranya adalah aturan pada tahun 1970.

Baca Juga: Karena hal ini, Ringo Starr bisa bergabung bersama The Beatles

Para ahli lingkungan telah memuji keputusan tersebut dan berharap agar pemerintah Joe Biden untuk mencepat peraturan sehingga dapat melindungi habitat yang terancam punah, salah satunya ikan salmon di Pasific Northwest.

"Spesies yang terancam punah tidak seharusnya menunggu peraturan yang tidak melindungi mereka,” ujar Kristen Boyles, seorang pengacara untuk kelompok lingkungan Earthjustice, dikutip Hops.ID dari laman CBS News, pada Rabu, 6 Juli 2022.

Keputusan tersebut terjadi ketika dua lembaga federel, the U.S. Fish and Wildlife Service dan National Marine Fisheries Service, meninjau lima aturan Undang-undang spesies terancam punah dan telah disahkan oleh Donald Trump saat itu

Baca Juga: Sempat pamit dari Instagram untuk cari pangeran impian, tiba-tiba Lucinta Luna posting diri berlumuran darah

Salah satu dari lima aturan itu termasuk penetapan krisis habitat dan aturan yang mengharuskan lembaga federal berkonsultasi dengan lembaga satwa liar dan perikanan.

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: CBSnews

Tags

Artikel Terkait

Terkini