Masih diusut oleh KPK, pengamat optimis kasus Formula E segera tuntas

- Kamis, 28 Juli 2022 | 09:50 WIB
Politikus PDIP, Gilbert Simanjuntak heran dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang sampai saat ini belum mengungkapkan anggaran dari Formula E. (Instagram @f1)
Politikus PDIP, Gilbert Simanjuntak heran dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang sampai saat ini belum mengungkapkan anggaran dari Formula E. (Instagram @f1)

Hops.ID – Hingga kini, kasus Formula E masih terus bergulir. Gelombang perlawanan pun masih terus dilakukan. Studi Demokrasi Rakyat (SDR) pun ikut menyoroti kejanggalan ajang balap itu.

SDR kini memastikan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini akan segera mengeksekusi kasus Formula E yang sudah dipelajari secara serius. Dengan begitu, publik akan semakin yakin dengan kinerja lembaga antirasuah.

"Publik akan semakin yakin dengan kinerja KPK. Terutama dengan penguatannya lewat UU KPK RI terbaru," kata Direktur Eksekutif SDR Hari Purwanto, seperti informasi tertulis diterima Hops.ID pada Kamis, 28 Juli 2022.

Baca Juga: Kasus Formula E masih hangat, KPK disebut kembali lakukan pemeriksaan intensif

Ia juga melihat adanya proses maladministrasi, suatu perilaku atau perbuatan melawan hukum dan etika dalam proses administrasi pelayanan publik, dalam kasus Formula E yang terlihat sangat jelas melalui adanya Surat Kuasa Gubernur DKI Jakarta.

"Memang disayangkan KPK RI sangat lambat dalam memproses kasus Formula E, meskipun sudah ada pemanggilan pihak-pihak terkait," kata dia lagi.

Meskipun demikian, Hari Purwanto sangat menyayangkan sebab hingga saat ini belum ada pemanggilan Gubernur DKI Jakarta oleh KPK RI.

Namun, pihaknya sangat yakin bahwa KPK RI masih on the track dalam menuntaskan kasus Formula E.

Baca Juga: Banyak kejanggalan, praktisi hukum desak KPK serius usut dugaan korupsi di Formula E

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Studi Demokrasi Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengumuman Capres bisa kerek elektabilitas Parpol

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:48 WIB