Digitalisasi terus bertransformasi, Erick Thohir: Indonesia jangan hanya jadi pasar

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:19 WIB
Erick Thohir dalam Seminar Menuju Masyarakat Cashless (Hops.ID/Dion Yudhantama)
Erick Thohir dalam Seminar Menuju Masyarakat Cashless (Hops.ID/Dion Yudhantama)

Hops.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Indonesia harus bisa beradaptasi dengan era digitalisasi yang terus bertransformasi. Menurutnya, ini harus dilakukan supaya Indonesia tidak hanya menjadi pasar atau market nantinya dalam ekonomi digital. 

"Nantinya jika kita hanya menjadi market, tidak ada investasi untuk membuka lapangan pekerjaan," kata Erick Thohir dalam Seminar Menuju Masyarakat Cashless yang diadakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) hari ini, Rabu 3 Agustus 2022 di Jakarta.

Erick Thohir kemudian mengatakan, pemerintah harus melakukan intervensi melalui kebijakan dalam ekonomi digital.

Baca Juga: Dituding embat bekas teman, ternyata begini kedekatan Dhena Devanka dan Ririn Dwi Ariyanti sebelum berseteru

"Digital ekonomi ini sesuatu yang tentu kita harus intervensi, dan mudah-mudahan kalau kita duduk bersama, kementerian bisa membuat policy yang bisa memastikan kita tidak ketinggalan," ujar Erick.

Lebih lanjut, Erick Thohir menyebut, pemerintah harus menekankan pada kebijakan yang seimbang yang bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

"Saya percaya dengan digitalisasi ini kita akan makin transparan dan kita akan makin baik sebagai negara," ucapnya lagi.

Ancaman fraud

Lebih jauh, dalam kesempatan itu Erick Thohir juga menyoroti soal penipuan atau fraud yang nantinya akan semakin banyak terjadi, seiring dengan perkembangan pembayaran non-tunai alias cashless di masyarakat.

"Ketika berbicara soal cashless, yang namanya fraud akan makin tinggi. Sistem penipuan akan makin canggih. Contoh pinjol, kemarin sempat menjadi isu yang besar," ujar Erick.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Tags

Terkini