Tak melulu formal, ngonten TikTok bisa jadi cara efektif ajarkan pendidikan Pancasila yang menyenangkan

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:13 WIB
Tak melulu formal, ngonten TikTok bisa jadi cara ampuh ajarkan Pendidikan Pancasila yang menyenangkan (dok.Gerakan Santri Nusantara)
Tak melulu formal, ngonten TikTok bisa jadi cara ampuh ajarkan Pendidikan Pancasila yang menyenangkan (dok.Gerakan Santri Nusantara)

Hops.ID – Pendidikan Pancasila merupakan hal penting yang harus diajarkan sejak dini.

Tujuan pendidikan Pancasila adalah untuk membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia.

Terlebih lagi, banyak kasus terorisme intoleransi, dan radikalisme yang terjadi di beberapa kota di Indonesia yang mengancam keamanan hidup masyarakat.

Hal itulah yang memicu Gerakan Santri Nusantara melaksanakan diskusi bertajuk “Virus Intoleran, Radikal, Polarisasi Ancam Persatuan”.

Baca Juga: Venna Melinda tetiba curhat capek dengan sikap Ferry Irawan ini, imbas testpack garis dua tunjukan tak hamil?

Dalam diskusi yang dilaksanakan di Hotel Bintang Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat itu dibahas tentang betapa pentingnya Pendidikan Pancasila.

Diskusi tersebut menghadirkan beberapa pengamat antara lain, Stanislaus Riyanta selaku pengamat intelijen dan keamanan, Karyono Wibowo Pengamat Politik Indonesian Public Institute, dan H. Syarief Hidayatullah Ketua Gerakan Persatuan Muslim Indonesia.

Stanislaus Riyanta mengungkapkan bahwa radikalisme kini sudah mulai bergeser tidak hanya dengan cara kekerasan, tetapi lebih halus lagi.

“Nah, sekarang mereka menggunakan cara-cara yang halus bahkan berjedok seperti kegiatan keagamaan, menggalang dana. Selama mereka melakukan aksi teror merka tidak terjerat UU Nomor Tahun 2018," kata Stanislaus Riayanta.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Gerakan Santri Nusantara

Tags

Artikel Terkait

Terkini