Masih terus dipertanyakan, LPJ Formula E akan jadi penentu apakah ajang balap berlanjut atau sudah cukup

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:37 WIB
Politikus PDIP, Gilbert Simanjuntak heran dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang sampai saat ini belum mengungkapkan anggaran dari Formula E (Instagram @f1)
Politikus PDIP, Gilbert Simanjuntak heran dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang sampai saat ini belum mengungkapkan anggaran dari Formula E (Instagram @f1)

Hops.ID – Laporan pertanggungjawaban acara balapan mobil listrik Formula-E hingga kini masih terus dipertanyakan.

Hal itu terus disorot lantaran penyelenggaraannya mengguanakan uang rakyat dengan nominal fantastis.

Sejauh ini diketahui baru Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Ketua Fraksi PSI yang menjabat di DPRD DKI Jakarta, yang mengupayakan interpelasi.

“Urgensi interpelasi ini jadi tinggi mengingat sisa masa jabatan Gubernur Anies yang tersisa kurang dari tiga bulan lagi. Akan tidak pas jika interpelasi ini dilakukan setelah Gubernur DKI itu lengser,” kata Andre Vincent Wenas, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis PERSPEKTIF (LKSP), Jakarta, pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Yakin KPK masih serius tangani Formula E, pengamat kebijakan publik beberkan sejumlah alasan

Hal itu dilakukan mengingat penyelenggaran Formula-E berasal dari uang rakyat.

“Formula-E itu jelas berdampak luas lantaran menggunakan uang rakyat, ratusan miliar, atau mungkin sudah triliunan, atau belum jelas juga, karena memang laporan yang resmi (dan teraudit) tak kunjung mencapai garis finish itu tadi,” kata dia melanjutkan.

Selain itu, ia juga menyinggung soal komitmen awal yang disinggung Anies Baswedan dalam menyelenggarakan Formula E.

“Komitmen yang dibuat Gubernur Anies perihal Formula-E ini multi-years, jadi melewati masa jabatannya. Ini jadi beban bagi Gubernur selanjutnya. Ini mesti jelas pertanggungjawabannya. BPK dan KPK tidak bisa dan tidak boleh acuh.”

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: Lembaga Kajian Strategis PERSPEKTIF

Tags

Artikel Terkait

Terkini