Parah, serangan terbaru Israel ke Rumah Sakit Gaza memperburuk krisis kesehatan warga Palestina

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:53 WIB
Ilustrasi serangan Israel ke Rumah Sakit Gaza, Palestina (Twitter @SydZainRaza)
Ilustrasi serangan Israel ke Rumah Sakit Gaza, Palestina (Twitter @SydZainRaza)

Hops.ID - Seorang Nenek bernama Amina Ashkinan sedang bermain bersama cucunya di depan rumahnya, di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara, pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022. Seketika itu serangan Israel datang dari langit Palestina.

Cucu perempuannya, Mayar yang berusia 10 tahun, terkena pecahan peluru di bagian perut. Yang lainnya, Ahmed, yang berusia sembilan tahun, mengalami luka di sekujur tubuhnya. Kedua anak itu dilarikan ke Kompleks Medis Shifa di Kota Gaza.

Mayar langsung dibawa ke ruang operasi. Kondisinya, bersama dengan saudara laki-lakinya, telah stabil. Akan tetapi Nenek Amina Ashkinan masih khawatir akan keduanya.

Baca Juga: Untuk kesekian kalinya, tentara Israel bunuh seorang remaja Palestina

Selama berhari-hari, pejabat kesehatan Palestina telah mengeluarkan peringatan tentang penghentian segera layanan medis karena kurangnya bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan generator listrik di rumah sakit, dan fasilitas kesehatan di seluruh Gaza.

Sementara Pembangkit listrik satu-satunya di Jalur itu telah ditutup pada Sabtu, beberapa jam setelah Israel menghentikan rencana pengangkutan bahan bakar ke wilayah itu.

“Situasinya sangat menyedihkan, dan tak terbayangkan,” kata Amina Ashkinan, dilansir Hops.ID dari laman Al Jazeera, Selasa 9 Agustus 2022.

Baca Juga: Bendera Amerika Serikat dan Israel berkibar di Yerusalem, warga Palestina sebut ini kejahatan rasial

“Tidak ada manusia yang dapat menanggung, dari dampak perang yang terjadi pada kita, warga sipil yang tak berdaya, atau dari pemadaman listrik yang terus-menerus atau kehabisan bahan bakar. Apa salah kita, dan apa salah anak-anak kita, hingga semua ini terjadi pada mereka?” katanya lagi.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Golkar Tegaskan KIB Tetap Solid

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:31 WIB