Tolak UU Omnibus Law, jutaan buruh bakal kepung Gedung DPR RI hari ini

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 05:14 WIB
Kabarnya, buruh akan melakukan aksi demontrasi di depan Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Rabu 10 Agustus 2022. (Instagram/Konfederasi KASBI)
Kabarnya, buruh akan melakukan aksi demontrasi di depan Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Rabu 10 Agustus 2022. (Instagram/Konfederasi KASBI)

Hops.ID - Rencananya, ribuan buruh bakal melakukan aksi demontrasi di depan Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Rabu 10 Agustus 2022. Aksi demonstrasi kali ini diinisiasi oleh GEBRAK, Gerakan Buruh Bersama Rakyat.

"Seruan Aksi Nasional GEBRAK: Rakyat bersatu, lawan regulasi dan kebijakan anti rakyat," tulis salah satu akun Instagram serikat buruh, Konfederasi KASBI, dilansir Hops.ID pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Sementara salah satu Koordinator Aksi Jumhur Hidayat memperkirakan bahwa aksi demonstrasi bakal dihadiri jutaan buruh. Sebabnya, aksi demonstrasi kali ini didukung 40 serikat pekerja yang tergabung dalam Aliansi Aksi Sejuta Buruh.

Koordinator Aksi Jumhur Hidayat memperkirakan bahwa aksi demonstrasi bakal dihadiri jutaan buruh. (Instagram/Konfederasi KASBI)

Baca Juga: Pekerja patut tahu, begini sejarah panjang Hari Buruh Internasional dari masa ke masa

Jumhur Hidayat menilai bahwa Pemerintah mengabaikan aksi demonstrasi dan dialog yang diharapkan buruh, sebagai upaya menyelesaikan persoalan UU Omnibus Law, Cipta Kerja.

"Malahan direspons dengan mengesahkan revisi UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang PPP sehingga bisa menjadi alat untuk melegitimasi UU Omnibus Law atau Cipta Kerja yang telah dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh MK menjadi konstitusional dan berlaku di Indonesia," kata Jumhur Hidayat, dilansir Hops.ID dari laman Suara yang tayang pada Senin, 11 Juli 2022.

Lebih lanjut, Jumhur Hidayat menyebut bahwa UU Omnibus Law sebetulnya sudah bermasalah, bahkan sejak awal pembentukannya, karenanya berbagai elemen masyarakat tegas menolak.

Sejumlah tuntutan akan disuarakan buruh dalam aksi demonstrasi yang juga akan diikuti kalangan mahasiswa dan pelajar. (Twitter/KasbiIndo)

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Suara, KASBI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Golkar Tegaskan KIB Tetap Solid

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:31 WIB