Kasus Formula E masih terus dipelajari KPK dengan hati-hati, pengamat: Menunggu keberanian untuk panggil...

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:53 WIB
Formula E (Sumber: Instagram Formula E)
Formula E (Sumber: Instagram Formula E)

Hops.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini masih mempelajari soal dugaan korupsi dalam gelaran balapan Formula E Jakarta yang dilangsungkan beberapa waktu lalu.

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto. Ia mengatakan hingga saat ini penyelidikan perkara Formula E masih terus berlangsung.

"Saya akan konsisten, Formula E masih lidik," kata Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto, dikutip pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Terkait hal itu, Studi Demokrasi Rakyat (SDR) kembali yakin dengan kinerja KPK untuk mengusut dan menuntaskan dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E, sekalipun situasinya masih dalam tahap penyelidikan.

Baca Juga: Terkuak sudah, Riesca Rose ngaku ditelpon Nathalie Holscher untuk lakukan ini sebelum mediasi dengan Sule

"Kami masih yakin bahwa KPK RI akan mengusut dan menuntaskan dugaan korupsi Formula E, meskipun posisinya dalam penyelidikan," kata Direktur Eksekutif SDR Hari Purwanto.

Sikap kehati-hatian KPK dalam mengusut kasus dugaan korupsi Formula E disebut karena belum adanya pemanggilan terhadap Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta yang punya andil dalam terselenggaranya ajang balap tersebut.

Karena itu, kata dia, harapan publik terhadap KPK yang masif untuk segera memanggil Anies Baswedan demi tercerahkannya kasus tersebut.

"Memang pasca pelaksanaan Formula E Pemda DKI Jakarta seperti tidak ada moralitas melaporkan hasil pelaksanaan. Karena ajang Formula E bukan menjadi bagian acara olahraga (sport) tapi lebih kepada mengangkat popularitas dan branding personal.”

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: Studi Demokrasi Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Golkar Tegaskan KIB Tetap Solid

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:31 WIB