Transparansi kelanjutan kasus Formula E dipertanyakan, KPK diharap tak menurunkan kredibilitas di mata publik

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:41 WIB
 Publik masih menanti-nanti progress perkembangan dugaan korupsi dalam penyelenggaran Formula E dari KPK. (Instagram @formulaejakarta.id)
Publik masih menanti-nanti progress perkembangan dugaan korupsi dalam penyelenggaran Formula E dari KPK. (Instagram @formulaejakarta.id)

Hops.ID - Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas mengungkapkan bahwa hingga hari ini, publik masih menanti-nanti progress perkembangan dugaan korupsi dalam penyelenggaran Formula E dari Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK).

"Tentunya banyak pihak yang menantikan perkembangan penyelidikan kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E oleh KPK," kata Fernando Emas.

Ia melanjutkan, tak ada salahnya dengan kehati-hatian dan kecermatan KPK dalam mengusut kasus itu. Namun, ia menuntut adanya target waktu.

"KPK memang perlu melakukan secara cermat dan hati-hati melakukan analisis terhadap barang bukti dan keterangan para saksi, namun harus memiliki target waktu penyelesaian analisis terhadap barang bukti yang dimiliki oleh KPK," kata dia.

Baca Juga: Publik optimis KPK tak lama lagi umumkan kelanjutan kasus Formula E, pengamat: Yang pasti KPK sangat hati-hati

KPK, menurutnya, harus transparan soal informasi temuan baru, seperti alat bukti dan juga keterangan para saksi yang sudah dimintai keterangan. Hal itu akan membuat status ditingkatkan ke penyidikan.

"Kemungkinan dalam waktu dekat akan segera ada penjelasan dari KPK mengenai hasil analisis mengenai kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E," kata dia.

Ia juga menyebut KPK tak mungkin menunggu masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta habis.

Baca Juga: Tanpa beban, Putri Delina pilih liburan ke Bali dengan para pria saat sidang cerai Sule dan Nathalie Holscher

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Direktur Rumah Politik Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Golkar Tegaskan KIB Tetap Solid

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:31 WIB