Publik harap KPK bersedia selidiki seluruh pihak penyelenggara Formula E: Gubernur DKI, Kadispora dan Bank DKI

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 08:18 WIB
Politikus PDIP, Gilbert Simanjuntak heran dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang sampai saat ini belum mengungkapkan anggaran dari Formula E (Instagram @f1)
Politikus PDIP, Gilbert Simanjuntak heran dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang sampai saat ini belum mengungkapkan anggaran dari Formula E (Instagram @f1)

Hops.ID – Penindaklanjutan kasus Formula E masih terus dipertanyakan hingga kini. Salah satu pihak yang tak henti-hentinya menyoroti adalah Studi Demokrasi Rakyat (SDR).

Sempat membuat laporan, SDR mengaku hingga sekarang pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum juga menjawab laporan/surat terkait kasus dugaan korupsi Formula E.

"Sampai saat ini KPK belum menjawab laporan SDR. Tapi kami masih memiliki keyakinan bahwa laporan dugaan korupsi Formula E akan ditindaklanjuti oleh KPK," kata Direktur Eksekutif SDR Hari Purwanto.

Ia juga menyebut KPK padahal sudah memastikan penyelidikan itu tetap berlangsung, meski dilakukan dengan hati-hati.

Baca Juga: LPJ Formula E belum sentuh garis finish, pengamat: Jangan ada kongkalikong, ini uang rakyat

"KPK sendiri memastikan penyelidikan dugaan rasuah dalam ajang balap Formula E tidak sembarangan," ucapnya.

Menurutnya, kasus itu dibuka karena lembaga antirasuah mengantongi bukti. Ia berharap dugaan korupsi Formula E tersebut agar ditingkatkan menjadi penyidikan sebab ada pihak-pihak yang sudah terpanggil. Namun, sayangnya hingga kini KPK belum memanggil Gubernur DKI, Kadispora dan Bank DKI.

"Ini yang perlu menjadi konsentrasi KPK RI meningkatkan persoalan Formula E dari penyelidikan menjadi penyidikan," sebutnya.

Meskipun demikian, apresiasi tetap disampaikan untuk KPK yang sudah beberapa kali berhasil menjalankan tugasnya, termasuk OTT Bupati Pemalang. Hal itu menunjukkan bahwa KPK masih on the track bekerja sesuai amanat UU perubahannya No 19 tahun 2019.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Studi Demokrasi Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Parpol mulai tawar menawar koalisi menuju 2024

Jumat, 30 September 2022 | 21:27 WIB