Kekeringan parah melanda Amerika Serikat, 40 juta warga terancam dibatasi jatah airnya

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:09 WIB
Danau Mead (The Verge)
Danau Mead (The Verge)
 
Hops.ID - Arizona dan Nevada, dua negara bagian Amerika Serikat, akan menghadapi pengurangan air yang bisa mereka ambil dari Sungai Colorado.
 
Pengurangan itu dilakukan karena Danau Mead, yang merupakan waduk buatan terbesar di Amerika Serikat mengalami penurunan permukaan yang semakin merosot.
 
Pengurangan juga berpotensi berimbas pada 40 juta orang Amerika Serikat di tujuh negara bagian yang bergantung pada sungai itu. 
 
 
Selama ini, negara bagian telah gagal memenuhi tenggat waktu dari pemerintah federal untuk mencari cara mengurangi penggunaan air setidaknya hingga 15%.
 
Akibatnya, pengurangan penggunaan air menjadi lebih banyak untuk mencegah waduk agar tak semakin surut.
 
Danau Mead dibentuk oleh Bendungan Hoover di Sungai Colorado di Barat Daya Amerika Serikat. Otoritas setempat memperkirakan, saat ini, Danau Mead kurang dari seperempat dari kapasitas yang bisa ditampung.
 
 
Selama ini, tingkat permukaan waduk telah turun selama bertahun-tahun dan berlangsung lebih cepat dari perkiraan para ahli karena terjadi 22 tahun kekeringan yang diperparah oleh perubahan iklim dan penggunaan sungai yang berlebihan.
 
Suhu yang terik dan berkurangnya salju yang mencair di musim semi, telah mengurangi jumlah air yang mengalir dari Pegunungan Rocky, tempat sungai itu berasal, sebelum mengalir sejauh sepanjang 2.334 kilometer barat daya hingga masuk ke Teluk California.
 
"Kami mengambil langkah-langkah untuk melindungi 40 juta orang yang bergantung pada Sungai Colorado untuk kehidupan dan mata pencaharian mereka," kata Komisaris Biro Reklamasi, Camille Touton.
 
 
Sungai Colorado sendiri, menjadi penyangga bagi tujuh negara bagian dan mensuplai bagi industri pertanian senilai 15 miliar dollar per tahun. 
 
Daerah dan peternakan yang menggantungkan pada sungai Colorado pun menjadi cemas, menunggu perkiraan resmi tingkar akhir, yang akan menentukan hajat hidup mereka.
 
Langkah-langkah luar biasa harus diambil tahun ini untuk menjaga air di Danau Powell, waduk besar Sungai Colorado lainnya, yang terletak di hulu Danau Mead dan melintasi perbatasan Arizona-Utah.
 
 
Air dari danau juga mengalir melalui Bendungan Glen Canyon, yang menghasilkan listrik yang cukup untuk memberi daya antara 1 juta dan 1,5 juta rumah setiap tahun.
 
Ketinggian air di Danau Powell mencapai tingkat yang cukup rendah untuk mengancam produksi pembangkit listrik tenaga air. 
 
Pejabat federal mengatakan, mereka akan menahan 592 juta meter kubik air untuk memastikan bendungan masih bisa menghasilkan energi. Selama ini, air biasanya mengalir ke Danau Mead.***

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: AP News, Al Jazeera, NPR

Tags

Terkini

Parpol mulai tawar menawar koalisi menuju 2024

Jumat, 30 September 2022 | 21:27 WIB