Kemenpora dukung tumbuhnya wirausahawan muda lewat 3 langkah, langkah nyata untuk kemandirian bangsa

- Kamis, 15 September 2022 | 18:54 WIB
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh

Hops.ID – Masa depan suatu bangsa bergantung pada generasi mudanya. Bukan hal yang mustahil, anak muda bisa memberi kontribusi untuk kemandirian bangsa terutama dalam bidang ekonomi.

Hal itulah yang sedang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI atau Kemenpora melalui program Kewirausahaan Pemuda.

Rangkaian program tersebut dimulai dari kampus ke kampus di beberapa wilayah Indonesia. Salah satunya, di Universitas Budi Luhur pada 2 Juni 2022.

Mengambil tema, ‘Semangat Hari Lahir Pancasila untuk Mendorong Wirausaha Muda’, Dr. H.M. Asrorun Ni’am Sholeh, M.A., Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia memaparkan program yang sedang dijalankan.

Menurutnya, semua anak muda memiliki potensi di bidang kewirausahaan.  “Tetapi tidak semua mengenali potensi itu. Dan tidak semua yang mengenali, mampu mengaktualkan,” kata Asrorun Ni’am.

Maka, program Kewirausahaan Pemuda ini menjadi ikhtiar untuk mengenali potensi beragam di bidang entrepreneurship. Diharapkan dengan mentoring dari para ahli yang dihadirkan, potensi kewirausahaan akan lebih terarah sesuai bakat dan minat masing-masing.

“Semangat kewirausahaan sesungguhnya modal bagi anak muda untuk dapat menciptakan sesuatu yang memiliki benefit. Baik bagi individu, bagi orang lain dan lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Diungkapkan oleh Asrorun Ni’am, entrepreneurship menjadi kunci di dalam komitmen membangun kemandirian sebagai bangsa.

“Kewirausahaan mendorong otonom dan mandiri tapi kemandirian itu harus ditopang dengan kreatifitas dan inovasi. Semangat kewirausahaan perlu ditumbuhkan agar terbentuk entrepreneurship mindset.”

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Kasus pelanggaran pelanggaran HAM di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:56 WIB

Inflasi melandai, momentum bagus jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:19 WIB