Venezuela tegas katakan sanksi AS berdampak pada lonjakan emigrasi

- Kamis, 22 September 2022 | 19:50 WIB
Bendera Venezuela (Edarabia)
Bendera Venezuela (Edarabia)

Hops.ID - Venezuela tegas menyatakan keberatannya atas sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat. Hal ini mendorong lebih banyak orang Venezuela untuk beremigrasi ke negara-negara tetangga.

Menteri Tenaga Kerja Venezuela, Francisco Torrealba, mengatakan hal ini kepada Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, Selasa 20 September 2022.

Diketahui bahwa Menteri Tenaga Kerja Venezuela tersebut membuat pernyataannya saat menyajikan laporan pekerja Venezuela. Laporan itu yang terkait dengan Konvensi Internasional tentang Perlindungan Hak Semua Pekerja Migran dan Anggota Keluarganya, di Jenewa.

Baca Juga: PM Palestina sebut Israel telah langgar perjanjian damai dan tidak menghormati hukum internasional

Menteri Tenaga Kerja Venezuela, kemudian menilai bahwa aliran emigrasi Venezuela ini adalah hal tidak biasa, dan diinduksi. Kemudian mengatakan sanksi AS, dalam hal ini, harus disalahkan.

"Peningkatan emigrasi Venezuela adalah hasil dari kebijakan agresi AS, berdasarkan pengenaan pidana tindakan koersif sepihak, yang berusaha untuk menghancurkan perdamaian, stabilitas sosial dan ekonomi negara kita," kata Torrealba, dilansir Hops.ID dari laman Xinhua, Kamis 22 September 2022.

"Hal ini, dilakukan dengan tujuan menggulingkan secara konstitusi pemerintahan di negara-negara Amerika Selatan," katanya lagi.

Baca Juga: Iran dan Venezuela resmi jalani kerjasama menentang Hegemoni Amerika Serikat

Lebih lanjutnya lagi, mengenai situasi pekerja migran di Venezuela, Torrealba mengatakan mereka diperlakukan di bawah prinsip-prinsip inklusi sosial, solidaritas, keadilan, kesetaraan sosial dan kesetaraan gender.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Xinhua

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Transformasi ekonomi digital mesti infrastruktur dan SDM

Kamis, 29 September 2022 | 20:46 WIB

Apa itu peristiwa berdarah G30S/PKI? Ini penjelasannya

Kamis, 29 September 2022 | 19:59 WIB