3 Tersangka ditetapkan terkait korupsi PT Waskita Beton Precast, H yang dijuluki wanita emas resmi ditahan

- Jumat, 23 September 2022 | 07:53 WIB
Penetapan dan penahanan tersangka kasus korupsi PT Waskita Beton Precast (Dokumentasi pribadi Kejaksaan Agung RI)
Penetapan dan penahanan tersangka kasus korupsi PT Waskita Beton Precast (Dokumentasi pribadi Kejaksaan Agung RI)

Hops.ID - Sebelumnya sudah ditetapkan 4 Tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT. Waskita Beton Precast  oleh Tim Penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus.

Dalam kasus ini telah dilakukan pemeriksaan terhadap 82 saksi dan alat bukti berupa 523 dokumen atas dugaan tindak pidana  korupsi penyimpangan dan atau penyelewengan dalam penggunaan dana PT. Waskita Beton Precast dalam kurun waktu 2016-2020.

Kerugian pemerintah dalam kasus ini sebesar Rp16.8 miliar yang merupakan bagian dari total kerugian sebesar Rp2,5 triliun.

"Kami telah menetapkan 3 orang Tersangka terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi PT. Waskita Beton Precast pada 2016 s.d 2020," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus, Kamis, 22 September 2022.

Baca Juga: Mengenang janji manis Reza Arap ke Wendy Walters: Nurut sama gua, lu bakal happy, sumpah mati

Diketahui bahwa 3 orang Tersangka tersebut adalah KJH selaku Pensiunan Karyawan BUMN PT. Waskita Beton Precast, H selaku Wiraswasta selaku Direktur Utama PT Misi Mulia Metrical, dan JS selaku Direktur Utama PT. Waskita Beton Precast.

Untuk mempercepat proses penyidikan, 2 orang Tersangka dilakukan penahanan, yaitu: KJH dan H dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan selama 20 hari terhitung sejak tanggal 22 September 2022 sampai 11 Oktober 2022.

Sedangkan, Tersangka JS tidak dilakukan penahanan, karena tengah menjalani eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dalam perkara kasus korupsi terkait pelaksanaan subkontrak fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT. Waskita Karya. 

Baca Juga: Elegan jadi bawang merah, imej Tasya Farasya siap hancur usai Tasyi Athasyia telanjangi kejahatan si kembar

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Siaran pers Kejaksaan Agung RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Golkar Tegaskan KIB Tetap Solid

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:31 WIB