Ribuan massa serikat pekerja Belgia gelar mogok nasional, tuntut solusi atas kenaikan biaya hidup

- Minggu, 25 September 2022 | 13:46 WIB
Ribuan pekerja Belgia lakukan mogok nasional (Twitter @socialeurope)
Ribuan pekerja Belgia lakukan mogok nasional (Twitter @socialeurope)

Hops.ID - Ratusan ribu anggota dari tiga serikat pekerja terbesar Belgia melakukan unjuk rasa pada hari Rabu 21 September 2022 lalu. Hal tersebut ditujukan untuk menuntut solusi atas krisis ekonomi yang berdampak pada minimnya daya beli, dan juga kenaikan biaya energi yang berdampak pada warga berpenghasilan rendah.

Tiga serikat pekerja itu termasuk Federasi Buruh Umum Sosialis (FGTB), Konfederasi Serikat Pekerja Kristen (CSC), dan Konfederasi Umum Serikat Pekerja Liberal (CGSLB). 

Menurut FGTB, dikabarkan bahwa sekitar 10.000 orang dari tiga serikat pekerja turut ambil bagian di hari aksi nasional yang dirancang dengan matang.

Baca Juga: Peringati Hari Buruh Internasional 1 Mei, Serikat Buruh Jakarta turun ke jalan hari ini

"Serikat pekerja menuntut pemerintah untuk membekukan harga energi, dan mendistribusikan kembali nilai lebih yang diambil dari perusahaan energi," kata laporan FGTB tersebut, dilansir Hops.ID dari laman Xinhua, Minggu 25 September 2022.

Sementara Pemerintah Federal secara resmi mengumumkan langkah-langkah pada Jumat lalu. Hal ini ditujukan untuk menangani krisis energi.

"Ini termasuk perpanjangan anggaran sosial untuk keluarga berpenghasilan rendah, tetapi langkah-langkah ini tidak cukup, terlebih hingga bulan November," kata kepala CSC, Marc Leemans.

Baca Juga: Serikat pekerja Korea Selatan protes atas rencana latihan perang yang dirancang Amerika Serikat

Selain itu, para pengunjuk rasa juga mencela tindakan yang dilakukan pemerintah dalam kondisi genting seperti yang mereka rasakan sekarang. Mereka meluapkan kekesalan pada pemerintah yang dinilai tidak bisa memberi solusi pada krisis. 

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Xinhua

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Kasus pelanggaran pelanggaran HAM di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:56 WIB

Inflasi melandai, momentum bagus jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:19 WIB