Andi Arief dilaporkan ke Bareskrim soal video Tentang Demokrat dan Rahasia Istana oleh HMI MPO

- Senin, 26 September 2022 | 17:26 WIB
Politisi Demokrat Andi Arief. Foto: Ist.
Politisi Demokrat Andi Arief. Foto: Ist.

Hops.ID - Himpunan Mahasiswa Islam-Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) melaporkan Ketua Bappilu Partai Demokrat, Andi Arief soal kasus video 'Tentang Demokrat & Rahasia Istana' ke Bareskrim Polri.

Ahmad Latupono selaku Ketua HMI-MPO menyebut Tindakan Andi Arief diduga telah melanggar Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 pasal 14 ayat 2 dan pasal 15.

"Kami berharap agar laporan ini dapat diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Ahmad Latupono, Senin, 26 September 2022.

Baca Juga: SBY dan AHY kembali dilaporkan oleh LSM soal video sangkaan Pemilu 2024 yang tak jujur dan adil

Sebagai informasi, Pasal 14 ayat (2) UU NO. 1 tahun 1946 berbunyi "Barangsiapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun".

Selanjutnya, pasal 15 UU NO. 1 TAHUN 1946 berbunyi "Barangsiapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga bahwa kabar demikian akan atau sudah dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi, tingginya dua tahun".

Dengan laporan tersebut, Ahmad Latupono berharap penegak hukum lekas memanggil pihak yang telah disebutkan untuk dimintai keterangan mendalam.

"Dan segera memanggil Andi Arief serta pihak-pihak terkait untuk dimintai keterangan secara intensif."

Menurut Ahmad Latupono, pernyataan Andi Arif dapat menimbulkan chaos dan kondusi yang tak kondusif.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Sapu Lawan Koruptor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Kasus pelanggaran pelanggaran HAM di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:56 WIB

Inflasi melandai, momentum bagus jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:19 WIB