Syekh Yusuf Qardhawi wafat, ini dia pesan terakhirnya…

Wefni Azlen
- Rabu, 28 September 2022 | 20:17 WIB
Syekh Yusuf Al-Qaradawi (KM Channel Dakwah)
Syekh Yusuf Al-Qaradawi (KM Channel Dakwah)

Hops.ID - Syekh Yusuf Qardhawi wafat. Tentu hal ini menjadi berita duka bagi kaum muslim, khususnya bagi mereka yang sempat menuntut ilmu langsung kepadanya.

Syekh Yusuf Qardhawi merupakan ulama asal Mesir yang menuntaskan perkuliahannya mulai dari S1 hingga S3 di Al-Azhar kairo Mesir. Namun sikap kritisnya terhadap penguasa mesir yang dianggapnya dzolim, membuatnya menghabiskan sisa umurnya di Qatar, hingga ia tercatat sebagai ketua ikatan ulama sedunia yang berkantor di Doha, Qatar.

Sejak kecil, Syekh Yusuf Qardhawi tidak sempat mengenal ayahnya, karena saat masih berusia 2 tahun, ayahnya telah meninggal dunia. Dan yang merawatnya kemudian adalah ibunya, neneknya, juga pamannya.

 Baca Juga: Tak disangka! Colosseum Roma dibangun dengan aturan yang cukup unik dan membuat orang bergidik ngeri

Di usianya yang ke 9, ibunya yang merawatnya ternyata ikut menyusul ayahnya menghadap Allah SWT.

Tapi beruntung, karena ibunya sempat melihat Yusuf Qardhawi kecil telah hafal Al-Quran di usia 9 tahun, di bawah bimbingan seorang ulama bernama Syekh Hamid.

Setelah bapak, ibu, dan neneknya wafat, akhirnya ia diasuh dan dibimbing oleh pamannya.

Sejak saat itu, ia pun mulai mendalami lautan ilmu di pendidikan formal Al-Azhar yang kala itu hanya menerima murid yang hafal Al-Quran.

Salah satu pengalaman luar biasa yang ia rasakan saat sekolah Ibtidaiyah di Al-Azhar ialah saat mendengar ceramah Imam Hasan Al-Banna.

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: YouTube Basrizal Abdullah

Tags

Terkini