Bangun potensi kewirasuahaan sejak dini, Kemenpora bongkar nikmatnya menjadi pengusa dari usia muda

- Kamis, 29 September 2022 | 21:32 WIB
Khairil Adha dalam Kuliah Kewirausahaan Pemuda Kemenpora (Youtube Asdep Kewirausahaan pemuda)
Khairil Adha dalam Kuliah Kewirausahaan Pemuda Kemenpora (Youtube Asdep Kewirausahaan pemuda)

Hops.ID - Potensi generasi muda di Indonesia menjadi peluang di tengah ketatnya persaingan pasar bebas, melalui inovasi serta ide menciptakan pasar ekonimi baik mikro maupun makro.

Peluang pasar bebas yang didukung dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat, membuat generasi muda harus mengambil tantangan dan peluang dalam dunia usaha untuk menciptakan kekuatan ekonomi di tingkat lokal, nasional hingga international.

Gerakan Pemuda Kewirausahaan yang dicanangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga juga menjadi salah satu dukungan yang diberikan pemerintah dalam mengawal dan menciptakan kekuatan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga: Kemenpora bagikan 3 jenis kemampuan yang harus dikembangkan untuk membentuk pribadi Wirausaha Mandiri

Tercatat saat ini generasi muda berwirausaha di Indonesia berdasarkan data, baru mencapai 3 persen. Cukup jauh dan terbilang kecil jika dibandingkan dengan negara berkembang seperti Singapura yang memiliki angka kewirausahaan sebesar 5 persen.

Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Penelusuran dan Pemetaan Potensi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora Khairil Adha spd Msi, dihadapan peserta Kuliah Kewirausahaan Pemuda Universitas PGRI Palembang dengan tema Membangun Ekosistem Wirausaha Kampus.

"Generasi muda di Indonesia menjadi wirausaha masih sangat kecil sekitar 3 persen, jauh dibanding negara tetangga seperti Singapura dimana anak mudanya berwirausaha sebesar 5 persen," ungkapnya di Palembang Kamis 29 September 2022.

Baca Juga: Kembali adakan Kuliah Kewirausahaan Pemuda, Kemenpora: Menjadi wirausaha itu keren!

Kondisi inilah menurut Khairil menjadi fokus pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga memperkuat generasi muda sejak dini untuk memiliki keberanian dan jiwa kepemimpinan dalam membangun usaha sejak dini.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Kasus pelanggaran pelanggaran HAM di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:56 WIB