Pengumuman Capres bisa kerek elektabilitas Parpol

- Senin, 3 Oktober 2022 | 18:48 WIB
KIB beranggotakan Partai Golkar, PPP, dan PAN. (Foto: dok. Pikiran Rakyat)
KIB beranggotakan Partai Golkar, PPP, dan PAN. (Foto: dok. Pikiran Rakyat)

Hops.ID - Pengamat Politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkapkan pengumuman kandidat Capres diyakini bakal kerek elektabilitas partai politik.

Menurutnya, jika partai atau koalisi ingin memenangkan pertarungan elektoral, mereka perlu merilis nama bacapres yang hendak didukung dalam Pilpres 2024.

"Jika ingin memenangkan pertarungan elektoral maka perlu mengumumkan bacapres untuk kepentingan branding dan penerimaan publik," ujarnya di Jakarta, pada Senin, 3 Oktober 2022.

Herry mengungkapkan langkah Partai Nasdem yang mengumumkan dukungannya untuk Anies Baswedan pada pemilu 2024 merupakan hal yang wajar dalam konteks demokrasi dan pemenangan Pemilu 2024.

Nasdem sedang mengukur sekaligus mempersiapkan coat tail effect elektoral bagi partainya.

"Bahwa kemudian Anies jadi capres Nasdem ini kan soal coat tail effect elektoral bagi parpol juga karena elektabilitas Anies cukup konsisten di 3 besar," katanya.

Baca Juga: Dituduh baru viral sejak bareng Lesti Kejora, ini 3 sinetron yang diperankan Rizky Billar: Ada yang terkenal

Selain itu, menurutnya, langkah NasDem ini akan mengubah kondisi perpolitikan Indonesia. Koalisi partai politik lain seperti Koalisi Indonesia Bersatu, Gerindra-PKB, dan PDIP akan terpengaruh dengan pencalonan tersebut.

KIB sendiri, yang digawangi oleh Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) belum kelihatan akan mengumumkan nama calon.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini