Digitalisasi dorong investasi kian diminati kaum muda

- Senin, 3 Oktober 2022 | 18:53 WIB
Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Airlangga Hartarto (Foto: Instagram @airlanggahartarto_official)
Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Airlangga Hartarto (Foto: Instagram @airlanggahartarto_official)

Hops.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, generasi muda sekarang ini banyak terjun ke dunia investasi.

Namun dia mengingatkan, agar mereka lebih berhati-hati dalam memilih instrumen investasi.

“Agar generasi muda hendaknya tetap menyeimbangkan antara investasi yang agresif dan investasi konservatif. Hal tersebut penting karena investasi konservatif tetap memiliki faktor keamanan lebih tinggi," ucap Airlangga pada Senin, 3 Oktober 2022.

Menanggapi hal tersebut, ekonom INDEF, Nailul Huda mengatakan meningkatnya jumlah investor muda di Indonesia adalah ‘blessing in disguise’ kencangnya digitalisasi pada masa pandemi.

“Pilihan investasi juga semakin banyak karena didorong oleh digitalisasi di sektor jasa keuangan. Makanya banyak anak muda yang berinvestasi di masa pandemi, baik di pasar saham dan aset kripto. Kemudahan berinvestasi menjadi salah satu alasan mereka untuk berinvestasi,” kata Nailul Huda.

Namun memang dia katakan, pemilihan jenis investasi akan sangat memengaruhi kemakmuran investornya dan perlu berhati-hati.

Baca Juga: Pengumuman Capres bisa kerek elektabilitas Parpol

“Zamannya sekarang udah berubah juga. Dengan hanya mengandalkan gadget saja sekarang anak-anak muda ini bisa menghasilkan, bahkan bisa lebih banyak dibandingkan dengan investasi di sektor riil,” sebut Nailul.

Investasi ‘jaman now’ dilakukan secara digital, melalui Fintech terdaftar di OJK.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini