Deklarasi pencapresan Anies Baswedan oleh Nasdem tak halangi KPK selidiki Formula E, Alex: Proses terus lanjut

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 06:30 WIB
Wakli Ketua KPK Alex Marwata (Sumber: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Wakli Ketua KPK Alex Marwata (Sumber: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Hops.ID - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengungkapkan dengan tegas pihaknya tak akan ciut nyali dalam melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi formula E sekalipun ada penggiringan narasi bahwa ada upaya politisasi dan kriminalisasi dalam penyelidikan tersebut.

"Kenapa harus takut, kami hanya bicara dengan hukum tidak terpengaruh oleh politisasi atau kriminalisasi terkait rumor yang ada diluar. Tidak ada kaitannya sama sekali," kata Alex saat jumpa pers di KPK, Senin, 3 Oktober 2022.

Ia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPK secara tertutup.

Baca Juga: Judul Tempo disebut terlalu tendensius, ahli hukum: Stop politisasi penegakan hukum dugaan korupsi Formula E

"Itu sudah menjadi SOP baik di BPK atau BPKP. Saya 20 tahun menjadi auditor di BPKP jadi tahu, memahami hal tersebut," ucapnya.

Alex mengatakan, secara normatif standar auditor itu ketika kriteria paramater tidak diikuti atau tidak sesuai dengan fakta dan berdampak pada sesuatu atau peristiwa lain sehingga auditor tidak bisa menyimpulkan siapa pelaku, melainkan hanya sebatas mengungkap fakta.

"Tentu yang bertugas menentukan apakah itu peristiwa pidana, administratif, perdata, itu domainnya penyidik, penuntut umum. BPK hanya menghitung kerugian negara. Kemarin kita koordinasikan dengan BPK."

Alex lantas menegaskan tak mempersoalkan Tempo yang menyinggung soal kinerjanya dalam menyelidiki Formula E. Ia juga mengaku tak terintimidasi atau dipaksa menghentikan kasus.

Baca Juga: Peragakan aksi kuda lumping, massa ingatkan KPK agar segera tuntaskan kasus Formula E

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: KPK

Tags

Artikel Terkait

Terkini