Isu politisasi dan kriminalisasi kasus Formula E disebut tak berdasar, pengamat: Langkah Firli patut didukung

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:40 WIB
Ketua KPK, Firli Bahuri. (Foto: Instagram @firlibahuriofficial)
Ketua KPK, Firli Bahuri. (Foto: Instagram @firlibahuriofficial)

Hops.ID – Polemik Formula E hingga kini masih terus mendapat sorotan. Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas yakin Ketua KPK dan para pimpinan KPK lainnya sangat mengerti hukum sehingga langkahnya dalam menyelidiki kasus besar itu selalu berdasarkan hukum. Menurutnya, kasus tersebut berpotensi naik status ke penyidikan.

Ia juga memastikan Firli cs tak berniat mempolitisasi kasus itu untuk menjegal Anies Baswedan seperti narasi yang ramai dibicarakan.

"Firli murni ingin menegakkan hukum tanpa ada muatan politik," tegas Fernando Emas dilansir dari keterangan tertulis Rumah Politik Indonesia pada 4 Oktober 2022.

Fernando Emas lantas berpesan supaya Firli Bahuri lekas mengganti tim penyelidik kasus Formula E dengan tim lain karena prosesnya sudah memakan waktu terlalu lama tanpa ada kejelasan apakah ditingkatkan ke penyidikan atau dihentikan.

Baca Juga: Deklarasi pencapresan Anies Baswedan oleh Nasdem tak halangi KPK selidiki Formula E, Alex: Proses terus lanjut

"Saya menduga bahwa di internal komisi anti rasuah tersebut ada yang berpihak pada Anies Baswedan sehingga akan sangat mungkin ada upaya untuk menghambat proses hukum Formula E ditingkatkan ke penyidikan."

"Sebaiknya Firli dan semua pimpinan KPK memanfaatkan penanganan kasus Formula E untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dengan melakukan penyelidikan secara profesional dan segera menentukan status kasus Formula E," lanjutnya.

Ia berharap tak ada pihak yang memanfaatkan kondisi menurunnya kepercayaan publik pada KPK dengan membuat narasi bahwa KPK disetir oleh pihak tertentu demi kepentingan politik.

Baca Juga: Tak percaya keseriusan Rizky Billar pada Lesti Kejora, raut wajah Soimah disorot: Lu lagi cari alesan ya! 

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Rumah Politik Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini