Rapat perdana TGIPF terkait tragedi Kanjuruhan, putuskan hentikan sementara semua kompetisi PSSI

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:50 WIB
Rapat perdana TGIPF dipimpin oleh Menko Polhukam Mahfud MD (Instagram @mohmahfudmd)
Rapat perdana TGIPF dipimpin oleh Menko Polhukam Mahfud MD (Instagram @mohmahfudmd)

Hops.ID – Tragedi yang terjadi pada pertandingan sepakbola yang mempertemukan Arema dan Persebaya di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu masih meninggalkan banyak hal untuk diselidiki.

Untuk itu pemerintah pada hari Senin, 3 Oktober 2022, membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang diketuai oleh Menko Polhukam Mahfud MD. Namun baru pada hari Selasa malam TGIPF melakukan rapat perdana.

Dilansir dari akun Instagram pribadi Mahfud MD, dalam rapat yang dihadiri oleh 13 orang anggota tersebut, TGIPF sepakat untuk segera bekerja mencari akar masalah serta memberikan rekomendasi atau solusi atas masalah-masalah yang terjadi.

Baca Juga: Tegas, Lesti Kejora ogah serumah lagi dengan Rizky Billar akibat rasa trauma dan takut

Mahfud MD juga menyatakan bahwa TGIPF akan merekomendasikan penjatuhan sanksi pada orang-orang yang dinilai bersalah dalam kerusuhan yang menelan ratusan korban jiwa tersebut.

“Tim akan merekomendasikan penjatuhan sanksi bagi pihak-pihak yang melakukan pelanggaran,” tulisnya sebagaimana dikutip pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Mahfud MD juga menyatakan jika TGIPF akan merekomendasikan sinkronisasi regulasi FIFA dan peraturan perundangan di Indonesia serta memberikan pemahaman dan sosialisasi sepada seluruh insan persepakbolaan di tanah air agar memahami dan mematuhi peraturan tersebut.

Baca Juga: Sebagai orang terdekat Lesti Kejora, Inul Daratista terkejut atas tindakan Rizky Billar: Padahal mereka sweet

Mewakili TGIPF Mahfud MD menyatakan akan melaporkan hasil kerja mereka kepada Presiden dalam jangka waktu dua hingga tiga minggu yang akan datang.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Antara, Instagram @mahfudmd

Tags

Terkini