Jumlahnya mendominasi hingga 98 persen, Kemenpora bagikan tips untuk kembangkan wirausaha kecil

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 14:48 WIB
Drs. Imam Gunawan, MAP, Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI (Webinar Kemenpora RI)
Drs. Imam Gunawan, MAP, Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI (Webinar Kemenpora RI)

Hops.ID - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerjasama dengan Institut Seni Indonesia Padang Panjang dan Pegadaian Syariah menggelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda yang bertajuk Generasi Muda Enterpreneur Sebagai Pilar Pembangunan Bangsa.

Acara yang berlangsung secara online pada Jumat 7 Oktober 2022 itu dihadiri ratusan mahasiswa yang tertarik dengan dunia wirausaha.

Pada kesempatan itu, Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Drs Imam Gunawan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama di Institut Seni Indonesia Padang Panjang Sumatera Barat.

"Ini bukan program baru melainkan program lanjutan. Mata kuliah ini seputar kewirausahan dan pionering atau pionir dan leadership," ujarnya saat membuka acara tersebut di Padang Sumatera Barat.

Baca Juga: Ramalan masa lalu banyak sesuai, Rizky Billar diramal tewas dengan cara ini, gak kuat jangan dibaca: Nanti...

Lebih lanjut ia mengatakan saat ini potensi yang melekat dengan kita saat ini permasalahannya adalah potensi.

"Itu seringkali tidak terasah sehingga pencapaiannya tidak begitu keren. Hal itu juga tercermin dari rendahnya angka enterpreunership di Indonesia masih kalah dengan negara lain tetangga kita seperti Singapuran dan Malaysia."

Pertanyaanya kenapa rendah? Ia melanjutkan padahal dirinya melihat dari pihak pemerintahnya itu sudah sangat support sejak puluhhan tahun yang lalu.

"Lalu komposisi pemain di pasar antara pemain besar dan kecil itu jumlahnya jomplang. Pemain besar hanya beberapa persen sedangkan pemain kecil itu bisa sampai 98 persen. Padahal yang diharapkan itu pemerintah memberikan intervensi pendanaan kepada kelompok kecil agar bisa berkembang."

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Hops.ID

Tags

Artikel Terkait

Terkini