Ditengah perang Rusia dan Ukraina, pria Belarusia ini justru mendapatkan penghargaan Nobel Perdamaian 2022

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 22:19 WIB
Ales Byalyatski, pemenang penghargaan Nobel Perdamaian 2022. (Instagram @nobelprize_org)
Ales Byalyatski, pemenang penghargaan Nobel Perdamaian 2022. (Instagram @nobelprize_org)

Hops.ID -  Ditengah perang Rusia dan Ukraina ada Aktivis Belarusia yakni Ales Byalyatski yang baru saja mendapatkan penghargaan Nobel Perdamaian 2022.

Pengumuman penghargaan Nobel Perdamaian 2022 ini disampaikan langsung oleh Ketua Komite Nobel Norwegia yakni Berit Reiss-Andersen pada Jumat,7 Oktober 2022 jika Ales Bialiatski mendapatkan penghargaan atas dedikasi dan kerja kerasnya.

Meski mendapatkan penghargaan tapi Komite Nobel mengatakan Ales Bialiatski masih dipenjara sehingga tidak bsia menghadiri penghargaan tersebut.

Dia ditangkap saat ada demo di Belarusia pada tahun 2020 ketika melawan rezim Presiden Aleksander Lukashenko dan saat itu ia menentang kemenangannya karena telah memperlihatkan hasil pemilu yang tidak jujur. 

Baca Juga: Kepolisian kantongi bukti visum dan cctv KDRT Lesti Kejora, Rizky Billar akan ditetapkan sebagai tersangka

Namun Ketua Komite Nobel telah meminta Belarusia untuk membebaskan Ales Bialitaski untuk menerima penghargaan Nobel Perdamaian 2022.

“Pesan kami ditunjukkan untuk pihak berwenang di Belarusia agar segera membebaskan Tuan Bialiatski dan kami harap itu terjadi dan ia bisa datang ke Oslo untuk menerima penghargaan ini,” ujar Reiss-Andersen.

Meski ia  mengaku hal ini sulit untuk dilakukan karena adanya banyak pejabat politik yang ditahan di Belarusia.

“Ada ribuan tahanan politik di Belarusia dan saya khawatir mungkin keinginan saya ini untuk membebaskan Tuan Bialiatski terasa tidak realistis dan sulit terjadi tapi saya ingin ia dibebaskan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: New York Post

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Kasus pelanggaran pelanggaran HAM di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:56 WIB

Inflasi melandai, momentum bagus jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:19 WIB