Persoalkan transparansi laporan keuangan Formula E, pengamat: Rakyatnya jadi bingung

- Selasa, 22 November 2022 | 09:51 WIB

Hops.ID – Laporan keuangan dalam penyelenggaraan ajang balap Formula E hingga kini masih dipermasalahkan. Hal itu disebut karena DPRD Jakarta belum tahu-menahu soal laporan keuangan tersebut sehingga dinilai masih transparan.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis PERSPEKTIF (LKSP) Andre Vincent Wenas mengungkapkan tanggapan DPRD soal laporan keuangan Formula E.

“Bagaimana bisa tahu bahwa DPRD Jakarta tidak tahu? Kita bisa tahu dari rapat DPRD awal November ini di mana wakil rakyat masih saja mempertanyakan laporan pertanggungjawaban Formula-E yang sudah selesai diselenggarakan lebih dari 4 bulan yang lalu!” kata Andre.

Baca Juga: LPJ Jakpro dinilai tak transparan, aktivis tuntut KPK tuntaskan kasus Formula E

Andre menyebut keuntungan dari Formula E yang diklaim oleh Direktur Bisnis Jakpro Gunung Kartiko sebagai bentuk proposal saja untuk melancarkan kepentingannya. Menurutnya, klaim itu tak sesuai pada faktanya.

“Lantaran perkiraan dampak ekonomi seperti yang diklaim itu apakah menjadi kenyataan atau tidak tentu mesti dilakukan studi post-factum yang cukup komprehensif. Gegara banyak faktor yang mesti dipertimbangkan. Dan, studi dampak ekonomi pasca perhelatan itu tidak ada. Ya, tidak ada! Makanya gelap.”

Selain karena belum selesainya audit BPK, Andre menduga laporan keuangan internal Jakpro juga masih belum jelas.

Baca Juga: Pengamat sebut belum ada kejelasan dalam pertanggungjawaban Formula E

“Sehingga yang tersisa, seperti yang sudah-sudah, hanyalah kebingungan rakyat yang terwakili oleh kebingungan wakil rakyat (DPRD) yang pada rapat Rabu 9 November 2022.”

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: Lembaga Kajian Strategis PERSPEKTIF

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Strategi Kampanye Golkar Menyasar Pemilih Milenial

Rabu, 23 November 2022 | 17:17 WIB